Kacang Merah si Legit Bebas Lemak

Kacang Merah si Legit Bebas Lemak

Kacang merah yang biasa dijadikan sup ataupun sebagai campuran es ternyata mempunyai segudang manfaat. Tidak hanya melancarakan produksi ASI tapi juga bisa mencegah terjadinya kanker usus dan menurunkan kadar kolesterol. Yuk, intip info lengkapnya di sini!

Jika Anda termasuk salah satu penggemar kacang merah, ada kabar gembira. Pasalnya kacang merah tidak saja gurih-gurih legit rasanta, tapi juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Kacang merah kering-yang belum diolah- merupakan sumber protein nabati, karbohidrat, serat, vitamin B, folasin, dan juga zat besi.

Folasin adalah zat gizi esensial pada kacang merah yang mampu mengurangi resiko kerusakan pada pembuluh darah. Kacang merah juga mampu mengatasi beberapa jenis penyakit, diantaranya menurunkan kadar kolesterol, mengurangi konsentrasi gula dalam darah, serta menurunkan resiko kanker usus besar dan juga kanker payudara.

Kacang merah mengandung lemak yang terbilang rendah bahkan bisa digolongkan rendah lemak dan bebas kolesterol. Kandungan serat yang tinggi menjadikan kacang merah sangat baik dikonsumsi sehari-hari agar sistem pencernaan tetap terjaga dengan baik.

Tapi, bagi Anda yang memiliki masalah dengan gas lambung kacang merah justru memicu timbulnya gas lambung menjadi semakin meningkat sehingga membuat perut terasa sebah atau kembung. Namun hal ini bisa diatasi dengan cara pengolahan yang benar. Sebelum diolah, sebaiknya rendam biji kacang merah kering hingga mengembang, dan kemudian tiriskan. Rebus kacang merah dalam panci tertutup selama 3 menit lalu diamkan agar airnya mengendap. Ganti air rendaman dengan air yang matang dan diamkan selama satu malam. Kacang merah siap diolah dan digunakan keesokan harinya. Kacang merah cocok dibuat sup,puding, es krim ataupun es campur. Yap, es kacang.... yummyy.....


0 comments:

Post a Comment