TIPS Merawat Laptop

 
Laptop sama seperti perangkat elektronik lainnya juga, perlu kita jaga, rawat, dan perlu juga kita istirahatkan. Hal-hal kecil atau sepele terkadang bisa berdampak buruk untuk  laptop. Ada beberapa tips  dalam merawat laptop biar tetap awet 



  1. Hindarkan laptop dari sinar matahari langsung. Laptop adalah alat yang sangat peka dan mudah rusak ketika terkena sinar matahari langsung. Baik ketika kerja maupun ketika meletekkan laptop harus terlindung dari matahari.
  2. Gunakan tas laptop yang aman. Ada banyak tas laptop baik yang bawaan dari toko maupun yang dibeli sendiri. Yang pasti tas laptop harus cukup aman terhadap goncangan dan menggunakan gabus pengaman yang cukup baik.
  3. Letakkan laptop pada media yang rata. Ketika sedang digunakan sebisanya jangan meletakkan laptop pada area yang sangan empuk karena bagian bawah laptop sirkulasi udaranya harus lancar. Jika laptop diletakkan pada media empuk maka akan sangat cepat panas.
  4. Gunakan stabilizer. Sebagai pengaman terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan listrik tidak stabil, gunakanlah stabilizer walaupun yang standar saja.
  5. Jauhkan dari benda yang mengandung magnetik kuat. Ketika sedang digunakan maka hindari mendekatkan laptop dengan benda magnet kuat karena bisa merusak kinerjanya.
  6. Jauhkan dari air. Sebisa mungkin jauhkan laptop dari siraman air. Jika anda kerja sambil minum maka gelas yang anda gunakan harus dijauhkan dari laptop agar jangan sampai terjadi kecelakaan yang akhirnya menimbulkan musibah pada laptop, terutama daerah keyboard.
  7. Jangan meletakkan sesuatu diatas laptop. Ketika sedang tidak digunakan dan disimpan diatas meja, hindari meletakkan sesuatu diatas laptop apalagi yang lumayan berat karena bisa merusak layar monitor.
  8. Hati-hati membawa laptop. Walaupun laptop sudah mempunyai tas, namun anda harus tetap hati-hati membawa laptop. Jika anda menggunakan tas laptop ransel, jangan sampai terjadi tumbukan terlalu keras dengan badan anda.
  9. Bersihkan secara berkala. Usahakan bahwa setiap periode tertentu anda membershkan laptop terutama pada bagian keyboard dan layar monitor. Untuk pembersihan keyboard gunakan kuas yang halus sedangkan untuk layar sudah ada pembersih khusus yang dijual di toko komputer.
  10. Gunakan baterai seperlunya. Cara yang paling baik untuk penggunaan baterai laptop adalah membuka baterai hanya ketika listrik tidak ada jadi kalau anda menggunakan listrik lebih baik baterai dilepas dulu. Jika sebuah baterai laptop terpasang terus ketika anda menggunakan listrik untuk laptop maka umur baterai laptop tersebut tidak akan panjang dan akan cepat bocor. Misalnya pemakaian normal tanpa listrik langsung baterai bisa tahan 4 jam maka jika sudah bocor daya tahannya paling lama 1 jam saja.

sumber : http://agussale.com/tips-merawat-laptop

1 comment:

  1. Sajian yang diberikan oleh laptop bisa untuk menentukkan bagus atau tidaknya laptop setelah dirawat dengan tips diatas? karena laptop ketika ingin dibersihkan perlu namanya kehati-hatian dalam membersihkan komponen yang sensitif, terutama keyboard dan layar. Saran saya untuk keyboard pakai saja pelindung keyboard murah kok bisa dibeli di toko komputer, dan untuk layar, baiknya kita bisa membersihkan dengan kain lembut khusus yang bisa juga dibeli di toko komputer.

    ReplyDelete