PEMPEK PALEMBANG

Pempek palembang semakin banyak penggemarnya saat ini. Mulai dari Sabang sampai Merauke.

Di setiap kota selalu saja ada toko pempek yang enak.

Di kota palembang sendiri, pempek adalah makanan favorit yang tidak tergantikan. Meski telah banyak restoran asing menginvasi kota pempek ini. Tidak ada yang bisa menggusur kasta pempek sebagai makanan no.1 di palembang.

Makan tanpa pempek di palembang kurang lengkap rasanya.



Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek adalah pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, Cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Salah satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.

Jenis pempek yang terkenal adalah “pempek kapal selam” adalah telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.

Pempek bisa ditemukan dengan mudah di seantero Kota Palembang. Ada yang menjual di restoran, ada yang di gerobak, dan juga ada yang dipikul. Juga setiap kantin sekolah pasti ada yang menjual pempek. Tahun 1980-an, penjual pempek bisa memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya!

Bahkan, mulai tahun 2009 pempek dapat dibeli secara online.

Berikut ini diuraikan resep pembuatan pempek Palembang :

ADONAN DASAR PEMPEK
Bahan:
  • 500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus (pilih yang betul-betul segar)
  • 10 sendok makan air es
  • 2 1/2 sendok makan tepung terigu
  • 150 gram tepung kanji
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vetsin

Cara membuat:
  • Haluskan ikan dengan saringan sampai lembut.
  • Masukkan air es, vetsin, dan garam. Tambahkan tepung terigu dan kanji aduk hingga tercampur rata.
  • Bentuk adonan sesuai dengan jenis pempek

TIPS :
  • Makin segar ikan, makin baik hasil pempek yang Anda buat. Usahakan menyimpannya dalam lemari pendingin atau freezer
  • Banyak variasi resep pempek yang ada. Yang patut diingat, semakin banyak cairan (air), makin banyak kanji yang harus ditambahkan. Biasanya, hasilnya jadi makin keras.
  • Bila Anda kesulitan membentuk pempek, lumuri tangan Anda dengan minyak, jangan dengan tepung kanji, karena makin lama makin banyak tepungnya membuat adonan menjadi keras.
  • Menggoreng pempek selalu di dalam minyak panas agar pempek tidak merekat di dasar wajan. Baik sekali kalau Anda menggunakan wajan dengan bahan teflon. Menggoreng pempek sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak pecah dan meletus.
Bahan cuka pempek:
250 gram gula merah
1 liter air
4 bawang putih haluskan
5 cabe rawit hijau haluskan
1 ibu jari asam jawa
garam & vetsin
1 sdm tongcai (optional)
  • Larutkan gula merah dengan air sampe larut semua dengan api kecil, lalu masukan cabe dan bawang putih yang sudah dihaluskan, asam jawa, garam dan tongcai.
  • Biarkan mendidih sebentar lalu matikan. Kuah cuka sebaik nya dibikin 1 hari sebelum penyajian.
Silahkan dicoba. :P

Selain pempek kapal selam, jenis pempek lain yang terkenal adalah pempek lenjer. Pempek ini murni terbuat dari adonan ikan, tidak ada campuran telor seperti pempek kapal selam. Bedanya, pempek lenjer dibuat lonjong memanjang, seperti lenjeran lenjeran kata orang palembang. Itulah sebabnya diberi nama pempek lenjer. Karena besar dan panjang, setelah direbus, pempek lenjer dipotong kecil kecil baru kemudian digoreng. Karena bahannya yang murni adonan ikan untuk pempek, maka rasa pempeknya pasti amat terasa khas dibanding pempek pempek lain.

Banyak orang bilang, pempek lenjer adalah “The mother of pempek”. Ya.. dari pempek lenjer yang dikreasikan dapat dibuat berbagai macam jenis pempek lain. Pempek lenjer dipotong menjadi kubus kecil kecil, tambahkan adonan telor dan panggar dengan daun pisang, maka akan menjadi pempek lenggang. Pempek lenjer di potong irisan memanjang ditambah kuah kari dan santan, menjadi laksan dan sebagainya.


pempek kapal selam

Pempek Kapal Selem

Mengapa dinamakan pempek kapal selam?

Ceritanya begini, sebagaimana diketahui pempek kapal selam adalah pempek yang isinya adalah satu buah butir telor utuh. Jadi, dari adonan pempek, dibentuk sedemikian rupa sehingga ketika telur dipecahkan, semua isi telur baik itu putih dan kuning telur dapat masuk ke dalam adonan pempek. Kemudian ditutup lagi hingga tidak bocor.

Setelah di buat, langkah selanjutnya adalah merebus. Nah, penamaan kapal selam berasal dari keunikan ketika merebus pempek ini. Ketika kita memasukkan pempek pertama kali kedalam panci berisi air. (syarat merebus pempek, airnya harus lebih, tidak boleh sedikit) maka pempek kapal selam ini akan tenggelam di dasar panci. Uniknya, tanda bahwa pempek tersebut sudah matang adalah saat si pempek naik ke atas permukaan air dan mengapung. Jadi tenggelam kalau belum masak, mengapung kalau sudah masak. Kata orang palembang, seperti kapal selam … bisa tenggelam dan mengapung.. maka jadilah namanya pempek kapal selam.

Mari makan pempek yukk…



0 comments:

Post a Comment