Kapal-kapal Terbesar di Dunia (Bagian 2)

4. Supertanker Knock Nevis/ Jahre Viking - Kapal Besar dengan Sebuah cerita Besar




Inilah raja dari segala supertanker, dan mungkin jika dilihat dari dimensinya merupakan kapal terbesar yang pernah dibuat (lihat juga supertanker kompetitor lainnya di bagian 1). Yang jelas untuk yang masih beroperasi, memang kapal inilah yang terbesar. Cerita perjalanan karirnya-pun cukup menarik.

Pertama-tama kapal ini punya banyak nama sebutan:
- "Seawise Giant"
- "Porthos"
- "Happy Giant"
- "Jahre Viking"
- "Knock Nevis"

Dibuat di Jepang tahun 1979 atas pesanan tokoh terkemuka perkapalan Yunani, yang kemudian bangkrut, dan menjual kapal raksasa ini ke penguasa Hong Kong, yang kemudian bahkan menambah panjangnya. Tahun 1981 adalah tahun kelahiran kapal ini, kapal terbesar diantara kapal-kapal lainnya.

Sebagai gambaran, lihat perbandingan skalanya dengan menara Eiffel dan Empire State Building:


Awalnya dioperasikan antara Timur Tengah dan USA tapi kira-kira sejak 1986 kapal ini digunakan sebagai gudang penyimpanan terapung dan terminal antar kargo di Iran selama perang Iran-Irak. Pada bulan Mei 1988, kapal ini diserang dan rusak berat oleh bom-bom dari jet-jet Irak ketika parkirdi terminal Iranian Hormuz di selat Hormuz. Lihat gambar-gambar kebakaran dan kerusakannya di sini. Rusak berat dan tenggelam di perairan dangkal di situ.

Tapi ceritanya tidak berakhir disitu saja. Sebuah mukjizat membuat kapal ini mendapatkan kehidupan keduanya dengan diperbaiki secara total. "The Sea Wise Giant" ini dibeli oleh oleh perusahaan asal Norwegia, dan ditarik ke galangan kapal Keppel, Singapura. Setelah diperbaiki lagi kapal ini diluncurkan lagi tahun 1991 dan sebutannya berubah awalnya menjadi "Happy Giant" dan akhirnya "TT Jahre Viking". Di bawah ini foto saat perbaikannya.



Di bulan Maret 2004, kapal ini dijual lagi dan dikirim ke pemilik barunya di Dubai untuk difungsikan sebagai gudang penyimpanan terapung dan offloading unit (FSO). Di sanalah namanya berubah lagi menjadi "Knoc Nevis". Foto-foto di bawah ini adalah saat merapat di dermaga - pelayaran terakhir dari kapal raksasa legendaris ini.




Jeroan Sang Raksasa

Perhatikan mesinnya yang merupakan mesin diesel terbesar di dunia; suatu pencapaian luar biasa teknologi manusia yang dibutuhkan untuk mentenagai kapal-kapal raksasa seperti Knock Nevis, atau Emma Maersk.



5. Kapal-kapal Kontainer Raksasa

Mari kita lihat dulu apa yang bikin kapal-kapal kontainer raksasa itu keliatan gendut. Mesin-mesin kapal raksasa adalah mesin-mesin diesel yang ukuran dan tenaga yang disemburkannya sangat luarbiasa.


Mesin seri Wärtsilä-Sulzer RTA96-C (turbocharged diesel engine):
-Memiliki 14 silinder
-Output Power 80.080 kW atau 108.920 bhp.
-memiliki dimensi selebar 26,7 meter dan tinggi 13,2 meter (kira-kira segede bangunan apartemen kecil)


Saat ini pabriknya mempertimbangkan versi dengan 18-silinder. Perhatikan ukuran piston-pistonnya ini:




Versi-versi yang lebih kecil dari mesin-mesin ini dipasang pada berbagai supertanker dan kapal-kapal kargo raksasa sebelumnya:




Pada September 2006, mesin diesel raksasa 14 silinder dipasang pada "Emma Maersk"

Inilah "EMMA MAERSK" - Kapal Kontainer Terbesar di Dunia





Kontainer yang Sedikit Lebih Kecil:






sumber : http://aneh-tapi-nyata.blogspot.com/2009/02/kapal-terbesar-di-dunia-bagian-2.html



0 comments:

Post a Comment