Anti Polusi di Dalam Rumah

Bagi pecinta tanaman mungkin pernah mendengar tanaman lidah mertua atau Sansevieria. Tanaman ini memiliki bentuk morfologi daun meruncing dan memanjang.

Sansevieria merupakan tanaman hias yang biasa ditanam di

pot dan diletakkan di sudut ruangan.

Tahukan Anda, selain mempercantik interior rumah, tanaman ini dapat menyerap bau tak sedap. Tak jarang, ibu rumah tangga sering menaruh Sansevieria di area dapur atau kamar mandi.

Sanseviera mampu menyerap bahan beracun (polutan), seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi tersebut.

Tanaman ini sepanjang siang dan malam terus mengeluarkan oksigen dan dapat menyerap bau kurang sedap didalam ruangan, bahkan menghilangkan bau rokok sekalipun. Tanaman ini sangat baik diletakan di pekarangan rumah bahkan di dalam rumah untuk menambah kesegaran udara.

Tanaman yang memiliki daun keras dan kaku, serta tidak berbatang,ini mampu bertahan di kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Tumbuhan berdaun tebal ini memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembab atau basah, Sansiviera bisa tumbuh subur.

Sansevieria mudah dikembangbiakan. Umumnya ada dua cara untuk mengembangbiakan tanaman berwarna hijau-kuning ini. Pertama dengan menggunakan stek atau potongan daun. Cara kedua dapat ditempuh dengan memcah rimpang (rhizoma).

Tahap-tahap yang dilakukan antara lain potong daun, tulang daun hasil potongan harus terluka. Awal penanaman, kelembaban harus dijaga dengan menyelubungi potongan daun di media tanam menggunakan plastik bening. Perbanyakan seperti ini memakan waktu 1,5 hingga dua bulan.

Bagi Anda yang memiliki lahan sempit dapat menggunakan pot atau polybag untuk menanam sanevieria. Media yang cocok bagi sansevieria jika ditempatkan di pot adalah tanah bakar dan cocopeat. Perlu diingat, Sansevieria tak kuat pupuk kimia karena akarnya akan busuk dan daunnya lepas.

Sansevieria dapat tumbuh subur jika komposisi media seimbang: bagian tanah + bagian pasir + bagian kompos, ditambah dengan 1 sendok makan kapur dan beri satu lapis pecahan bata merah di dasar pot serta 1 lapis pecahan bata merah di permukaan pot. Usahakan agar media tanam ini selalu lembab, namun penyiraman tidak boleh berlebihan.

Sansevieria butuh banyak sinar matahari untuk menghasilkan warna daun yang bagus. Warna daun akan pudar jika kekurangan sinar matahari Suhu yang dibutuhkan pada malam hari adalah 15 hingga 17,5oCelcius, sedangkan siang tanaman mampu bertahan hingga suhu 30oCelcius.


Sumber: http://www.sumbarprov.go.id dan tabloidnova.com



0 comments:

Post a Comment