Yuk, Kenali Jenis Minyak Sayur!

Yuk, Kenali Jenis Minyak Sayur!

Membeli minyak sayur, ternyata susah-susah gampang. Selain jenisnya yang banyak, sebaiknya kenali dulu minyak sayur yang akan Anda beli,agar manfaat maksimalnya masih tetap bisa dirasakan.

Minyak sayur yang sering disebut minyak goreng sepertinya menjadi salah satu bahan di dapur yang wajib ada. Banyak merk dan jenis yang beredar dan tidak semua jenis bisa digunakan untuk menggoreng. Banyak orang mulai menghindari minyak goreng karena takut efek buruk bagi jantung dan kadar kolesterol darah.

Padahal, kalau bisa mengenali jenis-jenis minyak yang ada di pasaran kita bisa mengambil manfaat yang ada tanpa harus meninggalkannya. Berikut ini adalah beberapa jenis minyak yang baik digunkan dan tetap mengandung manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah:

Canola Oil

Minyak canola kini mulai banyak ditemui di beberapa supermarket besar. Minyak canola termasuk minyak nabati yang cukup aman untuk kesehatan. Mengandung omega-3 yang cukup tinggi, selain itu asam lemak tak jenuh tunggalnya juga bisa membantu Anda menjaga kolesterol tetap dalam keadaan normal. Minyak canola dapat dipanaskan hingga suhu 200°C. Lebih dari itu, maka kondisi minyak akan rusak. Minyak canola tak hanya bisa digunakan untuk memasak, tapi juga dipakai sebagai dressing salad.

Olive Oil

Minyak olive atau yang dikenal dengan minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi. Olive oil ini sangat aman digunakan untuk mereka yang memiliki masalah dengan jantung. Karena tidak ada lemak jahat yang membuat kolesterol meningkat. Olive oil sendiri ada beberapa jenis, tapi sebaiknya memilih extra virgin olive oil. Karena olive oil juga tinggi akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Olive oil cocok sekali digunakan untuk salad.

Minyak Wijen
Keunikan minyak wijen adalah, minyak ini tak hanya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal tapi juga polyunsaturated atau yang lebih dikenal dengan asam lemak omega-6. Titik didih minyak ini lebih tinggi dibandingkan kedua jenis minyak sebelumnya, yaitu sekita 210-220°C. Minyak wijen biasa digunakan pada campuran masakan untuk menambah rasa menjadi lebih enak.

Rice Bran oil

Rice bran Oil adalah salah satu minyak nabati yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan juga rendah kadar kolesterolnya. Rasanya ringan, sehingga tidak mempengaruhi masakan, dan titik didih nya cukup tinggi.

0 comments:

Post a Comment