Begini Cara Terbebas dari Risiko Kanker Usus Besar




Makanan sehat mendukung kesehatan kolorektal

Membiasakan orang untuk mengkonsumsi makanan sehat, tidak merokok, mengurangi alkohol dan berolahraga lebih banyak dapat mencegah hampir seperempat dari 1,2 juta kasus kanker usus besar yang didiagnosis setiap tahun, demikian para ilmuwan seperti dikutip Reuters, Rabu. Para peneliti dari Denmark menyatakan bahwa beberapa rekomendasi mengenai aktivitas jasmani, bobot badan, merokok, konsumsi alkohol dan diet, dapat mengurangi risiko kanker usus sampai 23 persen.

"Penelitian kami menguakkan kiat-kiat kesehatan yang berguna bagi masyarakat yang bahkan berbeda banyak dari gaya hidup bisa saja berdampak besar pada risiko kanker kolorektal," kata Anne Tjonneland dari Institute of Cancer Epidemiology pada Danish Cancer Society, yang juga mengepalai penelitian itu.

Kanker kolorektal, sering dikaitkan dengan usus atau kanker usus besar, membunuh sekitar setengah juta orang setiap tahun di seluruh dunia.

Tjonneland dan koleganya mempelajari data pada 55.487 laki-laki dan wanita yang berumur antara 50 dan 64 yang sebelumnya tidak pernah didiagnosis terkena kanker. Mereka ini diamati selama hampir 10 tahun

Para responden mengisi kuesioner gaya hidup dan pola makan, sementara para peneliti membuat indeks gaya hidup sehat dengan menggunakan rekomendasi kesehatan dari Organisasi Kesehatan Dunia, Dana Penelitian Kanker Dunia (WCRF) dan Nordic Nutrition Recommendations.

Kuisoner itu termasuk tidak merokok, beraktivitas fisik setidaknya 30 menit sehari, tidak meminum alkohol lebih dari tujuh gelas dalam seminggu untuk wanita dan 14 kali dalam seminggu untuk laki-laki, memiliki ukuran pinggang di bawah 88 cm untuk wanita dan 102 cm untuk laki-laki, serta menjalani diet yang sehat.

Hasilnya yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa selama periode berikutnya, 678 orang didiagnosis menderita kanker usus.

Setelah menganalisa seberapa baik peserta menjaga sikap dalam lima tips gaya hidup, para peneliti menaksir bahwa apabila mereka semua mengikuti satu saja pedoman tambahan, maka 13 persen kasus kanker usus besar dapat dicegah.

Jika mereka semua mengikuti semua lima tips kesehatan itu, maka 23 persen kasus kanker ususa bisa dihindari.

Studi sebelumnya telah mengidentifikasi 14 variasi gen yang masing-masing menaikkan risiko mengembangnya kanker usus antara 1,5 dan 2 kali. Satu penelitian yang diterbitkan bulan lalu menemukan fakta bagaimana sebuah varian tunggal dalam kode genetik manusia dapat memicu penyakit itu.

Namun para ahli mengatakan diet yang baik dan gaya hidup yang sehat memiliki kemungkinan untuk memainkan peran yang jauh lebih besar dalam menekan kemungkinan terkena kanker usus.

Tjonneland menyimpulkan penelitian itu mempertegas orang untuk mengikuti kiat-kiat hidup yang direkomendasikan.


0 comments:

Post a Comment