Tips Atasi/Cegah Bau Mulut saat Berpuasa

bau-mulut-saat-puasa

Bau mulut yang menyengat saat bulan puasa merupakan salah satu masalah yang sering di hadapi orang saat berpuasa. Bahkan bau mulut saat puasa pastinya membuat kita agak terganggu saat bergaul, apalagi saat melaksanakan kegiatan bertemu dengan banyak orang atau saat kerja ketemu orang penting. Pastinya hal tersebut tidak mau terjadi bukan! Berikut ada beberapa tips atasi atau cegah bau mulut yang menyengat saat berpuasa, yakni selektif dalam mengonsumsi makanan :

  1. Hindari makanan yang baunya menyengat, misalnya petai, jengkol, dan gorengan.
  2. Konsumsilah makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan.
  3. Sikatlah gigi setelah berbuka puasa dan makan sahur sebelum tidur. Pastikan cara penyikatan gigi kalian sudah benar, sehingga rongga mulut senantiasa bersih dengan sempurna.
  4. Pertahankan kebiasaan mengonsumsi air putih, usahakan agar tetap mengonsumsi 8 gelas sehari, atur dengan baik konsumsinya sejak waktu berbuka hingga waktu sahur. Ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
  5. Hindari rokok dan alkohol karena berefek memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

semoga bermanfaat..

salam,..



sumber :http://asmadie.blogdetik.com/2011/08/05/ada-tips-atasicegah-bau-mulut-saat-berpuasa/


0 comments:

Post a Comment