Bangunan Rumah Anda (Sholat adalah Tiang Agama)

Rukun Islam ada 5 :

- Mengucap dua kalimat syahadat dan menerima bahwa Allah itu tunggal dan Nabi Muhammad s.a.w itu rasul Allah.
- Menunaikan salat lima kali sehari.
- Mengeluarkan zakat.
- Berpuasa pada bulan Ramadan.
- Menunaikan Haji bagi mereka yang mampu.

Berikut penggambaran Rukun Islam adalah merupakan suatu kesatuan yang mewujudkan bentuk rumah (agama) seseorang. Setiap orang mempunyai rumah yang berbeda sesuai dengan seberapa jauh pelaksanaan Rukun Islam mereka dalam kehidupannya.

Hal nomor satu dalam mendirikan rumah adalah sebuah pondasi yang kokoh. Pondasi di sini adalah poin pertama dalam Rukun Islam yaitu Mengucapkan dua kalimat syahadat. Ashadualla ilahailallah dan Ashaduanna Muhammad rosulullah



Kemudian poin nomor dua yang merupakan headline dari tulisan ini adalah sholat 5 waktu yang diibaratkan sebagai Tiang Agama.
Jika kualitas sholat baik, maka baik juga ibadah yang lain. Oleh karena itu sholat disebut sebagai tiang agama.. Bagaimana rumah bisa berdiri kokoh kalau salah satu tiangnya roboh?
Ya, sholat ini sebagai tiang penyangga rumah (agama) kita.


Poin ketiga adalah mengeluarkan zakat, zakat di sini diibaratkan sebagai atap rumah yang meneduhkan penghuninya dan melindungi dari cuaca yang kurang bersahabat. setiap harta yang sudah dikeluarkan zakatnya akan menjadi suci, bersih, baik, berkah, tumbuh dan perkembang. (At – Taubah: 103 dan Ar-rum:39)

Pagar rumah diibaratkan sebagai poin nomor 4 dalam Rukun Islam yaitu pelaksanaan puasa wajib dalam Bulan Ramadhan. Puasa merupakan suatu benteng bagi seorang manusia dari segala hawa nafsu dan tindakan tercela yang menjauhkan umat dari agamanya sebagai mana pagar melindungi rumah dari hal-hal yang mengancam keamanan semua yang ada di dalamnya. Puasa Ramadhan akan membersihkan rohani kita dengan menanamkan perasaan kesabaran, kasih sayang, pemurah, berkata benar, ikhlas, disiplin, terthindar dari sifat tamak dan rakus, percaya pada diri sendiri, dsb.



















Poin kelima dan terakhir dalam suatu bentuk Agama (Rumah) di sini adalah interior rumah, kebersihan dan juga keindahannya diibaratkan setara dengan seseorang yang telah menunaikan ibadah Haji. Ibadah Haji merupakan Rukun Islam terakhir yang melengkapi keempat poin sebelumnya.

Semoga bermanfaat, dan seperti apa bentuk rumah anda sekarang?semoga sudah sempurna.
aamiin

sumber:
http://akuhanyadieni.blogspot.com/2011/04/bangunan-rumah-anda-sholat-adalah-tiang.html

0 komentar:

Post a Comment