Innercourt

Innercourt, alias ruang terbuka dalam rumah, dihiasi bebatuan, pot dan tanaman favorit.

Taman dalam bergaya minimalis. Mata anda disejukkan, kaki anda pun disehatkan. Pijat refleksi koral putih.


Ada cara mudah menyejukkan udara dalam ruangan. Misalnya, menyatukan ruang makan dengan halaman belakang yang diolah hingga tampil dan berfungsi maksimal. Fungsi innercourt di sini sebagai halaman belakang dan transisi dari ruang makan dengan dapur dan area servis di lantai dua. Ruang makan yang berukuran 2,8 x 5,3 meter menjadi nyaman dan segar, juga terkesan luas. Selain itu, innercourt berguna sebagai pusat sirkulasi udara. Udara panas yang mengendap di ruang makan terdorong ke atas dan berganti udara dingin yang mengalir dari area sekitar kolam. Suhu ruang makan dan sekitarnya menjadi sejuk.

Innercourt tak bisa berdiri sendiri. Ia perlu ruang yang menyertai keberadaannya agar fungsinya optimal. Berikut langkah2 membuat innercourt ( ruang terbuka/taman dalam rumah ) :

1. Menentukan lokasi. Innercourt dibuat pada lokasi atau ruang yang membutuhkan penghawaan. Misalnya, bagian belakang atau tengah kaveling yang menjadi titik pertemuan beberapa ruang yang membutuhkan penghawaan tadi.

2. Mendesain ruang. Innercourt identik dengan ruang terbuka tanpa atap. Namun dalam beberapa desain, innercourt memiliki atap. Jika beratap, sebaiknya pilih material yang transparan. Pada bagian sisi dapat dibuat lubang sirkulasi udara. Ukuran lubang disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Mendekorasi tampilan. Ruang ini sebaiknya menggunakan elemen luar ruang, hardscape dan softcape seperti halnya taman depan. Pilihan hardscape dapat berupa kolam plus air mancur atau air terjun. Dasar kolam dapat diisi dengan koral. Sebagai alternatif, kita dapat menempatkan patung, gentong, olahan dinding dan lantai, serta tata cahaya. Untuk softscape-nya ; aneka tanaman yang bisa tumbuh pada tanah lahan terbatas atau dalam pot. Misalnya, pohon palem, kamboja jepang, atau tanaman air.

Tips :

· Jika ingin membuat efek air terjun, perhatikan wadah tampungan air yang terjun itu. Wadah berbahan tanah liat yang tidak di-coating akan mudah berlumut, tapi memberi kesan alami. Jika ingin tampilan selalu bersih dan bebas lumut, wadah sebaiknya di-coating.

· Untuk memperoleh suasana yang lebih hijau, boleh saja anda menempatkan lebih banyak tanaman dalam pot pada sisi tembok sejajar air terjun. Namun, perhatikan ukuran tanaman dan pot, serta materialnya. Bahan tanah liat terlihat lebih alami, tapi mudah pecah jika jatuh. Bahan plastik tahan banting, tapi tampilannya artifisial, alias tidak alami.

· Ceburkan klorin pada air kolam, sebulan sekali, untuk menjernihkan air kolam. Klorin dapat membunuh jamur serta lumut. Namun, jangan gunakan zat kimia ini jika anda memelihara ikan. Klorin dapat membunuhnya.




0 comments:

Post a Comment