Siswi SD Muhammadiyah, Juara 2 Matematika Dunia



Dhia Fairus Shabrina,
siswi kelas VI SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya
berhasil menggondol medali perak ajang International Mathematics Contestunion 2011 di Singapura. Ia menyisihkan peserta lain dari Korea, Malaysia, Singapura, India, Philiphina, Thailand, China dan Hongkong.

Ditanya seputar kemenangannya, Dhia yang akrab dengan sapaan Ade ini mengaku mengandalkan keenceran otaknya yang sejak kecil gemar mengutak-atik matematika.

"Sebanyak 18 soal yang diujikan dengan menggunakan bahasa Inggris. Tapi, bagi saya tidak ada kesulitan untuk mengerjakan soal itu," kata putri pasangan Hery Abiyoso dan Endang Irawati warga Jalan Sidotopo, Surabaya Rabu, 10 Agustus 2011.

Ade menjelaskan, untuk maju ke turnamen IMC, ia lebih dulu harus menyisihkan peserta lain dari seluruh Indonesia. Kemudian, dalam tes seleksi yang digelar di Bogor, terjaring 60 siswa. Kemudian diseleksi lagi menjadi 30 besar dan dikirim ke Singapura.

"18 Soal itu, 1 soal tentang eksplorasi, 1 soal uraian, kemudian 8 soal pilihan ganda dan 8 soal esai," urai Ade.

Catatan prestasi Ade ternyata mengulangi raihannya di tahun 2010 lalu. Namun saat itu, di turnamen serupa tahun 2010, Ade berhasil menyabet juara dengan membawa pulang medali emas.

"Ini prestasi membanggakan bagi kami dan pihak sekolah. Dan, akan kita pertahankan serta memacu siswa lainnya untuk dapat berprestasi seperti Ade," tegas M Sholihin, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Surabaya.

Luar biasa, selamat ya Dhia....
generasi penerus bangsa yang cerdas


sumber : http://teknologi.vivanews.com/news/read/239588-siswi-muhammadiyah-juara-2-matematika-dunia



0 comments:

Post a Comment