Translate Mudah via Google

Apakah Anda ingin membuat blog multibahasa, namun sulit mewujudkannya? Jangan khawatir... Google menambahkan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa dalam Google Translatornya. Hadirnya bahasa Indonesia dalam Google Translator ini makin menambah layanan Google yang diindonesiakan. Layanan Google yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Blogger, GMail, Google Search, dsb.

Penambahan layanan ini nampaknya tak lepas dari dukungan rekan-rekan sukarelawan dari Indonesia yang terus berusaha menerjemahkan dan menyempunakan terjemahan layanan Google. Kehadiran Google Translator ini terkesan sangat pas bila dikaitkan dengan bulan bahasa yang jatuh pada bulan Oktober ini.

Pada edisi kali ini, akan disajikan cara menerjemahkan suatu teks dan halaman web dengan Google Translator.Mareee....


Untuk menerjemahkan teks, lakukan langkah-langkah sebagai berikut (Blogfam mengasumsikan Google Anda berpreferensi bahasa Indonesia):

Pertama, arahkan browser Anda ke alamat: http://translate.google.com, pastikan tab warna putih berada di tulisan teks dan web.

Kedua, pada kotak di bawah tulisan teks asli, tuliskan teks yang akan Anda terjemahkan, misalnya "Saya membaca majalah online".

Ketiga, pilih bahasa sumber dengan mengeklik tombol pilihan bahasa di kiri tanda >>, misalnya pilihlah Indonesia.

Keempat, pilih bahasa sumber dengan mengeklik tombol pilihan bahasa di kanan tanda >>, misalnya pilihlah Inggris.

Kelima, pilih Terjemahkan.

Setelah itu, di sebelah kanan kotak tadi akan muncul

Terjemahan: Indonesia >> Inggris

I read the online magazine




Bila kata yang Anda masukkan tergolong rumit, Google Translator seringkali tak mampu menerjemahkannya. Google pun menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, Google telah menyediakan pranala (link) khusus agar penggunanya dapat menyarankan hasil terjemahan yang lebih baik. Pranala tersebut dapat Anda jumpai pojok kanan sebelum judul terjemahkan laman web. Jika Anda mengeklik pranala tersebut sebuah kotak teks akan muncul kemudian Anda dapat mengetikkan rekomendasi Anda di sana. Setelah selesai jangan lupa klik kirim. Saran Anda akan terkirim ke pihak Google.


Untuk menerjemahkan halaman web, langkah-langkahnya hampir sama, yaitu (Blogfam mengasumsikan Google Anda berpreferensi bahasa Indonesia):

Pertama, arahkan browser Anda ke alamat: htt://translate.google.com, pastikan tab warna putih berada di tulisan teks dan web.

Kedua, pada kotak di bawah judul terjemahkan laman web tuliskan alamat web, misalnya: http://bz.blogfam.com

Ketiga, pilih bahasa sumber dengan mengeklik tombol pilihan bahasa di kiri tanda >>, misalnya pilihlah Indonesia.

Keempat, pilih bahasa sumber dengan mengeklik tombol pilihan bahasa di kanan tanda >>, misalnya pilihlah Inggris.

Kelima, pilih Terjemahkan.

Setelah itu, tunggulah sebentar. Anda akan melihat laman web yang Anda ketikkan dalam bahasa sasaran yang Anda pilih.



Namun, Anda sebaiknya jangan terlalu berharap situs terjemahan Anda akan tampil sempurna. Kata-kata dalam situs Anda mungkin kadang kala terjemahannya kacau ataupun tidak diterjemahkan. Namun paling tidak hal ini dapat meringankan pekerjaan Anda. Anda hanya perlu mengoreksi dan sedikit menyuntingnya. Bila Anda mau tentu saja dapat merekomendasikan terjemahan Anda kepada Google.

Bagaimana ??

Selamat berbahasa ria.................



0 comments:

Post a Comment