Kapal-kapal Terbesar di Dunia (Bagian 1)

1. Freedom Ship

Inilah kapal Freedom, kapal pesiar impian futuristik yang mungkin saja akan menjadi kenyataan. Mungkin Anda pernah melihat ilustrasi sejenis di media-media iptek atau publikasi-publikasi ilmiah di luar sana. Dengan segala kemajuan teknologi di abad 21 rasanya tidak ada yang tidak mungkin untuk diwujudkan.

Menurut keterangan di situs resminya, proyek "Freedom Ship" ini nantinya kira-kira akan terlihat seperti ini:





Bayangkan 25 bangunan-bangunan tinggi sepanjang 1 mil di New York dijejerkan; lalu bayangkan lagi semua itu terapung di atas air.

"Freedom Ship punya kesamaan sedikit dengan kapal pesiar biasa; yang sebenarnya tidak lebih dari sebuah kapal tongkang (perahu seret) yang besar. Tapi bagaimana jika kapal raksasa ini ditujukan untuk sebuah perjalanan pelayaran yang butuh penjelajahan perlahan mengelilingi dunia, sepanjang garis pantai, dan menyelesaikan satu putaran bumi tiap 3 tahun?" Bahkan ada yang menyebutkan ini seperti sebuah negara yang merdeka.

Bisa saja, "Freedom Ship" akan menjadi konstruksi buatan manusia terbesar di muka bumi jika berhasil dibuat meski harus dengan sedikit keajaiban mengingat proyek mega-konstruksi seperti ini sangat rawan gagal total. Paling tidak kita boleh bermimpi dulu denga melihat gambar-gambarnya.




Sebagai catatan konsep di atas hampir sama dengan kosnsep yang dicetuskan tahun 1928, yaitu konsep bandar udara di atas bangunan raksasa! Arsitek-arsitek Los Angeles mengharapkan nantinya pesawat-pesawat pribadi akan menggantikan mobil di masa datang. Landasan pesawat diatas atap ini memiliki panjang 300 meter:



Atau perhatikan mimpi futuristik "Dermaga Bandar Udara New York" oleh arsitek Harry B. Brainerd ini:



2. Konsep Kapal Pesiar Lainnya:

- Kvaerner Masa-Yards' Kapal pesiar super-besar (kiri) dan The Nova, kapal pesiar Panamax-Max ship berbobot mati hingga 100.000 ton (kanan):




"Project Genesis" - Kapal pesiar terbesar yang pernah ada dari Kerajaan Karibia dengan kapasitas 5400 penumpang.



Untuk memberikan gambaran seberapa besar kapal-kapal pesiar moderen perhatikan perbandingannya dengan patung Liberty:



Pendatang baru (mungkin di tahun 2009 ini), dengan code-named "Project Genesis" akan membuat kecil "Freedom of the Seas", berbobot 220.000 ton - bandingkan dengan kapal induk Nimitz berbobot 97.000 ton).

3. Kapal Terbesar Yang Pernah Dibuat - Supertanker Extraordinaire!

Kapal Terbesar Yang Pernah Dibuat adalah 4 supertanker kelas Batillus buatan Perancis pada akhir 70-an, berbobot mati 555.000 ton dan panjang 414 meter. Diluncurkan dari galangan kapal Chantiers de l'Atlantique di Saint Nazaire. Satu-satunya kapal yang lebih besar adalah si jumbo "Knock Nevis"; ex "Jahre Viking", ex "Seawise Giant", ex "Porthos", di tahun 1981 (lihat di bagian kedua topik ini). Tapi, supertanker dari kelas Batillus mempunyai tonase kotor yang lebih besar, sehingga bisa dianggap lebih besar dari Knock Nevis.

Keempat kapal dari kelas Batillus itu adalah sebagai berikut:
* Batillus, buatan 1976, diistirahatkan 1985.
* Bellamya, buatan 1976, diistirahatkan 1986.
* Pierre Guillaumat, buatan 1977, diistirahatkan 1983.
* Prairial, buatan 1979, (juga dikenal dengan sebutan "Hellas Fos" dan "Sea Giant") - gantung sepatu tahun 2003

Jadi inilah "Pierre Guillaumat" - Kapal laut terbesar yang pernah dibuat manusia:





Ukuran kapal yang makin gede sepertinya harus dipertimbangkan lagi terutama jika harus melalui suatu kanal - lihat ilustrasi di bawah ini.



BERSAMBUNG ... ke bagian II


0 komentar:

Post a Comment