3 Langkah Basmi Tungau Debu

Apakah itu Tungau debu ?

tungau.jpeg

Tungau debu atau dust mite (Dermatophagoides pteronyssinus) merupakan binatang sejenis kutu yang ukurannya sangat kecil, 250 – 300 mikro, sehingga tidak kasat mata. binatang ini baru terlihat di bawah mikroskop dengan pembesaran setidaknya 20 kali. bentuk badannya lonjong dengan kaki berjumlah 8 buah.
Hewan mikroskopis ini diembel-embeli kata DEBU dibelakang namanya, karena ia memang hidup di dan dari debu. debu sendiri sebenarnya adalah tumpukan dari bermacam-macam partikel yang berasal dari sel kulit mati, rontokan bulu hewan peliharaan, remah-remah roti, spora jamur, dll. serpihan kulit adalah makanan favorite tungau debu.

Kotoran-kotoran yang dikeluarkan oleh tungau debu banyak mengakibatkan penyakit asma. Cara terbaik membasmi tungau debu adalah dengan langkah-langkah berikut

  • Meminimalkan penggunaan bahan yang disukai Tungau. Tungau debu paling hobi tinggal di kasur, bantal, dan guling yang berisi kapuk. jika memungkinkan, ganti dengan bahan dakron atau busa. kasur kapuk masih bisa dipakai, asal dibungkus plastik sebelum diberi seprai. Karpet yang menjadi sarang debu nomor satu, sebaiknya tidak digunakan di kamar tidur. untuk lantai, lebih baik pilih yang berbahan ubin, kayu atau vinyl. Boneka dan mainan anak-anak banyak yang terbuat dari kain berbulu. minimalkan jumlahnya. jika ada boneka berbulu, simpan dalam kotak tertutup. hindari tumpukan buku atau perabotan yang juga mengundang debu.
  • Kondisikan suhu dan kelembaban ruang. Tungau debu hidup subur di tempat yang gelap, hangat dan lembab. suhu optinal untuk pertumbuhan tungau debu adalah 25 – 30 derajat celcius pada kelembaban 70 – 80 persen. karenanya usahakan kamar tidur dalam kondisi terang dan kering. Cara termudah adalah dengan mengijinkan udara dan sinar matahari masuk lewat jendela atau lubang ventilasi. Pertukaran udara dalam ruang mampu melenyapkan kelembaban, sedangkan sinar matahari memang tidak disukai oleh tungau debu. Alat pengkondisi udara/AC juga dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan kelembaban udara di bawah 35%.B bersihkan kamar tidur secara teratur debu yang menjadi sarang tungau harus dibersihkan setiap hari. Gunakan lap basah atau vacuum cleaner. Jangan menggunakan kemoceng, karena ini membuat debu bertebaran dan debu hanya berpindah tempat.
  • Gantilah seprei, sarung bantal dan guling, setidaknya sekali seminggu. cuci dengan air panas di atas agar tungau debu mati. Gorden sebaiknya dicuci setiap 3 bulan sekali. servis AC setiap 6 bulan sekali untuk menghindari bertumpuknya debu di filter.


Definisi dust mite (tungau debu)


Alergi Kutu merupakan reaksi sistem kekebalan Kutu tertentu protein. Reaksi ini memicu peradangan di lapisan bagian hidung (allergic rhinitis), menyebabkan bersin, pilek dan tanda-tanda dan gejala lain yang berhubungan dengan jerami demam.

Bagi beberapa orang, alergi tungau debu mungkin menjadi penyebab utama peradangan dan kontraksi dari saluran udara paru-paru (asma), mengakibatkan mengi, sesak napas dan kesulitan bernapas lainnya.

Debu tungau, kerabat laba-laba, terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop. Debu tungau memakan sel-sel kulit yang ditumpahkan oleh orang-orang, dan mereka berkembang dalam hangat, lingkungan yang lembab. Pada kebanyakan rumah, tempat tidur, furnitur dan karpet kain menyediakan lingkungan yang ideal bagi tungau debu.

Langkah-langkah untuk mengurangi jumlah tungau debu di rumah Anda sering dapat mengontrol Kutu alergi. Obat-obatan atau perawatan lainnya mungkin diperlukan untuk menghilangkan gejala dan mengelola asma.


sumber : tabloid rumah

5 comments:

  1. Every weekend i useԀ to visit tһis website, Ьecause
    i wish for enjoyment, for tһe reason that thіs thiѕ
    site conations realⅼy nice funny material tоο.

    ReplyDelete
  2. Hi tһere, I wօuld like to subscribe for this blog to get latest updates,
    theгefore where cɑn і ԁo it please help.

    ReplyDelete
  3. Eveгy weekend i usеd to pay a visit tһis site, because i wɑnt enjoyment,
    aѕ tһis this web site conations іn fact fastidious funny material tօօ.

    ReplyDelete
  4. It'ѕ awesome in favor оf me to һave a web site, ԝhich is helpful for my кnow-hߋw.
    thanks admin

    ReplyDelete
  5. Heya і'm for the firѕt time here. І came acrоss this board аnd
    I in finding It гeally usefuⅼ & it helped me out a l᧐t.
    I'm hoping to provide ѕomething ɑgain and help otheгs such as yⲟu
    helped me.

    ReplyDelete