Cara Melindungi Privasi Timeline Facebook

Facebook timeline yang selama ini mendapatkan kontra versi luar biasa, karena pihak facebook yang memaksa para penggunanya ke tampilan timeline, yang mana jika anda sudah menyeting ke timeline maka tidak ada jalan lain untuk kembali ke tampilan facebook klasik, kecuali dengan membuat account baru lagi.

Supaya anda tidak malu dikemudian hari karena status galau atau di tag foto tidak layak yang kurang sopan atau lainnya, maka anda perlu melakukan pengaturan kontrol privasi, sehingga anda akan lebih nyaman dalam menggunakan timeline.
Nah ada sedikitnya enam hal yang harus Anda ketahui mengenai Timeline, sebelum Facebook benar-benar menerapkan fitur ini ke seluruh pengguna.


1. Atur siapa saja yang boleh melihat status kita
Ada 3 pilihan kategori orang-orang yang bisa melihat status kita, yaitu “Public” (semua orang), “Friends” (hanya teman) dan “Custom” (orang-orang tertentu saja).
Untuk memudahkan pemilihan siapa saja yang boleh melihat status kita, klik pada panah bawah di pojok kanan paling atas sebelah “Home” kemudian klik pada “Privacy Settings” di menu pulldown.
Pada “Control Your Default Privacy” anda bisa pilih salah satu (public, friends atau custom). Kemudian scroll kebawah, anda akan lihat disebelah kanan item “Limit the Audience for Past Posts” sebuah link “Manage Past Post Visibility” klik pada link tersebut.
2. Maksimalkan penggunaan pilihan “Hide from Timeline”
Jika anda kurang jeli dan hati-hati , semua yang pernah anda lakukan di Facebook akan dapat dengan mudah terlihat oleh publik, meskipun mereka belum menjadi teman di Facebook.
Gunakan pilihan “Hide from Timeline” untuk menyembunyikan apapun yang anda inginkan dari orang lain.
Untuk setiap kotak posting Anda di profil, Anda bisa klik bagian kanan atas dan akan muncul pilihan bergambar pensil dan bintang. Klik pilihan bertanda pensil lalu pilih “Hide from Timeline” jika Anda menginginkan untuk menyembunyikannya dari Timeline.
3. Ganti cover album
Anda bisa mengatur album mana saja yang boleh dilihat oleh orang lain atau anda sendiri. Perlu Anda ketahui, untuk semua album yang Anda atur dengan pilihan “Public” akan muncul di Timeline Anda dengan cover album yang cukup besar dari sebelumnya.
Oleh karena itu, ubah cover album dengan foto yang menurut anda paling menarik agar orang tertarik membuka album tersebut.
Caranya klik menu “Edit album” pada album anda, klik “Edit photos”, lalu pilih foto mana yang paling menarik menurut Anda, dengan memberi tanda titik pada pilihan “This is the album cover”. Selanjutnya klik “Save Changes”
4. Bijak menggunakan Geotag
Saat ini Facebook telah melengkapi Timeline dengan informasi geotag, dimana foto dan album foto bisa dilengkapi dengan lokasi.
Misalnya, saat Anda berlibur di pantai Kuta, Anda bisa memasukkan lokasi pantai Kuta di foto Anda. Nantinya setiap orang yang melakukan geotag pantai Kuta di foto mereka, juga akan mengetahui kehadiran Anda di pantai itu, sesuai tanggal yang tertera.
Mereka akan bisa melihat foto Anda di lokasi itu. Jika anda sudah terlanjur melakukan geotag pada foto, dan ternyata tidak menyukainya, anda masih bisa lakukan “untag” untuk menghilangkan lokasi detail dari foto anda.

5. Perhatikan aplikasi dari pihak ketiga

Jangan sembarangan mempersilakan aplikasi pihak ketiga memenuhi Timeline Anda. Jika tidak berhati-hati, semua hal yang dilakukan di aplikasi tersebut akan muncul di Timeline dan memenuhi Timeline.
Anda harus mengatur aplikasi mana saja yang layak memunculkan informasinya di Timeline.
Untuk mengaturnya silahkan klik tanda panah kebawah di samping tulisan “Home”, lalu klik “Account setting”. Lalu klik menu “Apps” yang terletak di samping kiri layar. Di sini, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang terhubung dengan akun Anda.
Hapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak pernah digunakan lagi. Anda juga bisa memilih apakah setiap postingan dari aplikasi tersebut bisa terlihat di Timeline oleh teman, oleh publik, atau hanya oleh Anda sendiri.
6. Lihat dulu sebelum dipublikasi
Anda bisa melihat tampilan Timeline baru Anda sebelum dipublikasi. Gunakan pilihan “View As” untuk melihat apakah Timeline Anda sudah layak untuk dipublikasikan. Dengan menggunakan “View As”, Anda masih bisa memperbaiki Timeline berkali-kali sebelum profil Anda berubah tampilan dengan permanen.

sumber : http://siip.blogdetik.com/2012/02/07/cara-melindungi-privasi-timeline-facebook/


0 komentar:

Post a Comment