Cara Pintar Membersihkan Interior Mobil











Banyak para pengguna mobil menganggap membersihkan interior adalah hal yang sepele, selain tidak punya waktu, Anda juga merasa interior kendaraannya masih terlihat bersih. Padahal, kotoran seperti debu atau sisa tanah bekas pijakan alas kaki terkadang kurang diperhatikan. Jika hal ini dibiarkan terus menumpuk, akan menimbulkan bau tidak sedap, bahkan menimbulkan kerusakan. Akhirnya, hal itu bisa mengurangi nilai jual sebuah mobil. Ada lima bagian interior yang perlu diperhatikan dalam membersihkan interior antara lain dasbor, kaca jendela, jok kursi, matras, dan karpet. Bentuk masing-masing benda tersebut, memaksa kita agar merawatnya secara khusus. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membersihkan lima bagian tersebut :

1. Bagian dasbor perlu dibersihkan dengan penuh kesabaran. Caranya dengan gunakan kain kecil dan lap, usap secara perlahan hingga ke sudut-sudut yang tidak terlihat, misalnya bagian sudut-sudut tachometer. Hasilnya akan lebih baik jika menggunakan pembersih khusus (spray) yang mengandung cairan jeruk nipis. Selain menyuguhkan aroma yang wangi, cairan tersebut dapat menghilangkan bau amis.

2. Untuk kaca jendela, disarankan menggunakan koran bekas. Koran bekas dianggap mampu mengangkat debu dengan baik. Namun, perlu dilakukan berkali-kali agar mendapatkan hasil yang sempurna. Lakukan proses pembersihan setelah mencuci bagian luar mobil. Bersihkan bagian dalam dan luar kaca. Caranya, basahi koran, kemudian usap semua bagian kaca secara merata, baik bagian sisi dalam maupun sisi luar. Setelah itu, keringkan kembali dengan koran baru (jangan yang sudah digunakan). Lakukan proses itu hingga kaca benar-benar kering.










3. Bersihkan bagian lantai mobil dengan sikat yang lumayan keras. Sikat tersebut sangat berguna untuk membersihkan kerikil, sisa-sisa pasir, ataupun bekas tanah yang sudah mengering. Jangan gunakan air, karena akan menjadi lembab dan sulit dikeringkan jika terkena air. Setelah disikat, gunakan vakum untuk mengangkat debu dan kotoran-kotoran yang belum bisa terangkat. Jika Anda punya banyak waktu, akan lebih baik jika kursi-kursi dilepas. Ini akan memudahkan proses pembersihan dan memberi hasil yang lebih sempurna.

4. Karpet mobil juga perlu dicuci. Prosesnya cukup mudah, tinggal sikat dengan sabun, kemudian bilas, dan keringkan. Kami yakin Anda pun bisa melakukannya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika karpet yang penuh kotoran bekas tanah dan berair diangkat, usahakan agar kotoran itu tidak menumpahi lantai.

5. Yang terakhir adalah merawat bagian jok kursi. Semua paham kalau kursi memiliki beragam bahan, yang salah satunya adalah kulit. Untuk membersihkan jok kulit, perlu menggunakan sabun moisturizing dan kain berbahan kaus. Langkah-langkahnya, adalah mengusap seluruh permukaan jok dengan kain basah yang sudah disabuni, setelah itu keringkan. Perlu diperhatikan, jangan pernah menggosok jok dengan sikat kasar. Hal itu bisa merusak permukaan kulit kursi.


Sumber :http://solusimobil.com/index.php/20090711508/owners-guide/tips-a-trik/cara-pintar-bersihkan-interior-mobil/menu-id-218.html


0 comments:

Post a Comment