Cara Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat (Memori) Anda

Anda masih mengingat siapa nama guru anak Anda, dan di mana meletakkan kunci Anda? Jika Anda pernah menginginkan dapat melakukan beberapa hal sederhana untuk meningkatkan kemampuan daya ingat Anda, Anda bisa. Berikut adalah beberapa Tips yang berdasarkan penelitian para ahli dan mengkompilasi pemikiran terbaru peningkatan otot dalam otak Anda yang berhubungan dengan daya ingat/memori.

1. Bicara dengan tangan Anda.

Ini mungkin kedengarannya aneh, tapi melambaikan tangan dan membuat gerakan isyarat ketika mencoba untuk mempelajari sebuah konsep dapat membantu otak Anda mengingat sesuatu yang penting, kata Jeff Brown, PsyD, ABPP, salah satu penulis The Winner’s Brain. “Membuat gerakan dalam cara yang memiliki arti saat Anda mempelajari sesuatu dapat membantu Anda mengingat konsep,” katanya. “Ide yang anda simpan setidaknya dua jenis informasi yang berbeda tentang sesuatu yang Anda harus ingat kemudian. Contoh yang baik ini adalah ketika anak-anak membicarakan masalah matematika dengan suara keras, tapi juga mengerjakan matermatika itu di udara”. Taktik untuk dicoba: Bila Anda baru saja mengetahui nama seseorang, “tulis” itu di atas telapak tangan Anda dengan jari Anda. Tindakan menelusuri huruf di telapak Anda (secara diam-diam tentunya) dapat membantu otak Anda mengingatnya, kata Dr Brown. Atau “Menulis di udara di atas peta imajiner toko bahan makanan favorite anda atau mall ketika anda dengan lantang menyebutkan toko atau item-item yang perlu anda ingat saat berbelanja.” Jadi, menulis di udara di sini maksudnya menulis dengan jari anda bukan dengan pensil atau pena!

2. Santailah

Belajar untuk tenang dan tidak melakukannya seperti orang yang sangat stres dapat membantu otak Anda dengan cara yang signifikan, kata Elizabeth Lombardo, PhD, PT, seorang psikolog dan ahli terapi fisik di Wexford, Pennsylvania, dan penulis A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness. “Tips terbaik untuk meningkatkan memori Anda adalah: Mengurangi stres Anda,” kata Dr Lombardo. “Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang mengalami stres kronis, hipokampus mereka – bagian dari otak Anda yang bertanggung jawab atas beberapa kenangan anda – secara harfiah menyusut ukurannya.” Pada kenyataannya, sebuah studi tahun 2007 dalam jurnal Neurology oleh para peneliti di Rush University Medical School menemukan bahwa orang yang mudah tertekan dan ber-emosi negatif memiliki kemungkin lebih besar terkena masalah kemampuan mengingat dibandingkan dengan orang yang lebih santai. Bagaimana mengurangi stres Anda? Pertimbangkan mendelegasikan lebih banyak tugas di tempat kerja, membersihkan kalender sosial Anda untuk akhir pekan (tidak ada yang salah dengan tidak memiliki apapun di kalender!) dan menyingkirkan hubungan negatif dari kehidupan Anda.

3. Banyaklah Ber-Zzz..

Anda pernah mendengar orang tidur sambil bicara ketika sedang menghadapi masalah atau keputusan yang sulit, kan? Nah, tidur yang nyenyak dapat membantu Anda meningkatkan memori, juga. “Tidur sangat penting untuk konsolidasi memori,” kata Dr Brown. “Tidur setidaknya enam jam tanpa terganggu setelah itu membuka informasi baru dapat membantu dalam mengingat informasi tersebut”. Tapi ada catatan penting: “Anda harus tidur tanpa didahului memasukkan informasi baru atau kegiatan antara apa yang ingin Anda ingat dan pergi tidur dengan tidak membaca, tidak ada TV, tidak ada seks, dan tidak ada musik.”

4. Makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran.

Makan bayam, wortel dan kacang polong tidak hanya baik untuk tubuh Anda, baik untuk memori Anda juga. Sebuah studi oleh Harvard baru-baru ini menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran memiliki penurunan fungsi otak lebih lambat ketika mereka tua. “Studi-studi lain, salah satunya diterbitkan Pharmacology, telah menunjukkan bahwa nutrisi otak penting untuk meningkatkan produksi hormon tertentu, seperti quercetin dan antosianin, yang dapat mengembalikan kehilangan memori,” ujar Tosca Reno, seorang ahli kesehatan dan kebugaran serta penulis buku terlaris The Eat-Clean Diet. Anda dapat menemukan senyawa-senyawa dalam sayuran, seperti kubis dan brokoli, serta sayuran hijau, termasuk kale, bayam dan lobak Swiss. Juga bahan warna-warni seperti berry, apel merah, terung dan anggur, warna cerah mereka merupakan indikasi dari otak mereka mendorong antioksidan.

5. Bergabung dengan klub buku.

Tidak hanya membaca baik untuk otak Anda, tetapi mendiskusikan apa yang telah Anda baca dapat meningkatkan memori Anda dengan cepat sekali, kata Sandra Bond Chapman, PhD. Bahkan, sebuah klub buku terdekat dengan pacar Anda dapat membantu memperkuat fungsi lobus frontal otak Anda. “Lobus frontal adalah daerah terakhir dari otak untuk dikembangkan, tapi yang pertama menurun sejalan dengan bertambahnya usia,” jelas Dr Chapman. “Untuk memperkuat fungsi lobus frontal, lebih seringlah terlibat dalam level kegiatan berpikir seperti menafsirkan apa yang Anda baca dalam buku, membahas ‘pesan penting’ dalam buku tersebut dan mendorong untuk melihat berapa banyak arti yang dapat anda peroleh dari buku itu.”

6. Ikut kelas yoga.

Gina Norman, seorang guru Yoga in New York City mengatakan, “Sebuah penelitian baru dari University of North Carolina menunjukkan bahwa latihan meditasi singkat membantu kognisi dan keterampilan penting untuk berpikir kritis”.Tapi jika Anda tidak mau ikut yoga, olahraga apapun bisa meningkatkan kerja otak Anda,” kata Dr Lombardo. “Penelitian menunjukkan bahwa latihan meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian-bagian tubuh, termasuk otak dan daerah khusus yang melibatkan memori,” katanya. “Sebuah studi menemukan bahwa tikus yang berolahraga tumbuh sel-sel otak baru di dentate gyrus, bagian dari hippocampus yang dapat dipengaruhi oleh penurunan memori seiring bertambahnya usia”. Punya banyak waktu? “Cobalah berjalan menaiki tangga, berlari ke kamar mandi yang berada jauh dari Anda, melakukan 50 jumping jacks, mendengar sebuah lagu keren dan menari di sekitar, atau menyambar tangan anak Anda dan melompat-lompat di tempat tidur bersama-sama.”

7. Menghirup Aroma Rosemary.

Peterseli dan sage baunya harum sekali, seperti thyme, tetapi saat ingin meningkatkan daya ingat anda, rosemary adalah juaranya. Dalam penelitian terbaru, peneliti Inggris melihat aroma dan bagaimana Rosemary mendorong atau mempengaruhi kinerja mental. Mereka menemukan bahwa pekerja kantor yang berada di bilik yang diresapi dengan aroma Rosemary memiliki daya ingat jangka panjang lebih baik dibandingkan dengan bilik diberi wewangian. “Ada minyak esensial lain yang dapat membantu, namun rosemary adalah yang terbaik dan paling ekonomis,” kata Cher Core, seorang aromatherapist di Boston. “Minyak esensial rosemary membaur di udara, gunakan sebagai parfum, gunakan dalam kabut dan banyak lagi. Ini adalah pilihan yang baik untuk mereka yang belajar dan orang yang membutuhkan bantuan daya ingat, fokus dan konsentrasi.”

8. Perhatikan.

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi menurut para ahli, ketika kebanyakan orang berpikir bahwa mereka sedang mengalami masalah daya ingat, itu karena mereka terganggu atau tidak mencatat informasi dalam otak mereka dengan baik untuk memulai sesuatu, kata Linda Edelstein, PhD, asisten fakultas di Northwestern University dan penulis The Art of Midlife. “Ketika orang-orang tidak dapat mengambil informasi itu, sering kali karena mereka tidak mengambilnya di tempat pertama,” katanya. “Anda tidak dapat mengingat kembali informasi yang tidak Anda simpan”. Trik nomor satu untuk memperhatikan lebih dekat? Berhentilah multitasking dan hadirlah sepenuhnya. Itu berarti meletakkan BlackBerry sambil makan siang dengan teman Anda, mematikan TV ketika Anda mencoba untuk membaca sesuatu dan tidak membiarkan Anda atau mata-pikiran anda mengembara ketika bercakap-cakap dengan seseorang di sebuah pesta. Dengan demikian, Anda akan lebih mungkin untuk mengingat nama orang.

9. Belajar lagu baru.

Pernahkah Anda menemukan diri Anda sendiri bernyanyi sepanjang lagu yang Anda sangat sukai yang muncul 10 tahun yang lalu, namun Anda masih belum tahu liriknya? Belajar kata-kata memang menyenangkan, tetapi juga baik untuk memori Anda pada umumnya. Dengan menghafal lagu, “Pada diri Anda akan bekerja setidaknya dua macam memori, pendengaran dan verbal, yang mungkin sesuatu yang tidak Anda lakukan dengan sangat sering,” ujar Cynthia Green, PhD, seorang ahli kesehatan otak dan memori. “Penelitian menunjukkan bahwa terus menantang otak kita dengan intelektual dapat meningkatkan cadangan kognitif kita dan bisa menperoleh manfaat terkait untuk mengurangi risiko demensia jangka panjang.”

10. Go Ahead and doodle.

Kapan terakhir kali Anda mengambil pensil dan kertas dan membiarkan pikiran Anda menggambar hati dan pelangi, atau apa pun adegan atau objek yang muncul di kepala Anda? Anehnya, kata Dr. Green, pena yang mengalir bebas bisa menjadi kunci untuk memperkuat pusat-pusat memori otak Anda. “Mencoret-coret telah ditemukan dalam studi-studi untuk meningkatkan konsentrasi, yang merupakan langkah pertama yang penting untuk pembelajaran dan memori,” kata Dr Green. “Lagi pula, jika Anda tidak dapat fokus pada informasi, Anda tidak memperolehnya secara efektif, dan Anda tidak pernah bisa mengingat sesuatu yang tidak Anda pelajari di tempat pertama!” Jadi lebih baik menggambar!


0 comments:

Post a Comment