Cat Canggih Ini Bisa Membersihkan Mobil Anda Dengan Sendirinya


Mobil kotor pastinya harus dicuci untuk membersihanya, saat ini ada cat yang cangih yang dapat memebrersihkan mobil kamu dengan sendirinya sehinga kamu tidak perlu lagi mencucui mobil secara rutin.
Untuk mengatasi hal tersebut, tim peneliti dari Eindhoven University of Technology, Belanda, mengembangkan lapisan cat mobil yang dapat menghilangkan goresan tipis dan membersihkan diri sendiri. Demikian dilansir oleh The Journal.

Teknologi ini menggabungkan kemampuan self-healing dan unsur water-resistant untuk menjaga keindahan tampilan mobil yang bersih.
Lapisan tahan air yang diterapkan dalam teknologi ini memungkinkan setiap tetes air yang jatuh di atas permukaan cat untuk mengalir, tanpa meninggalkan bekas tetesan atau kerak di tubuh mobil. Menariknya, aliran air yang mengenai mobil akan ikut membawa pergi debu-debu yang menempel di permukaan.

Pelapis cat ini juga bisa menyesuaikan diri. Ketika ada benda yang menggores, lapisan cat ini akan segera menutupinya. Meski peneliti mengakui kalau teknologi ini hanya berguna bagi goresan yang tidak dalam.

Selain itu, permukaan cat yang menjadi sangat licin membuat kotoran tersapu ketika permukaannya terkena air. Sehingga sang pemilik mobil tidak perlu lagi mencucinya dengan sabun atau mengelapnya dengan kain, hanya perlu menyiramnya dengan air atau menunggu hujan turun dari langit dan menyapu kotoran di permukaan mobil.
Pengaplikasian keuntungan yang disajikan teknologi besutan tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Catarina Esteves tersebut tidak terbatas untuk industri otomotif.

Lapisan cat revolusioner itu nantinya juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan jendela, panel surya, bahkan pesawat terbang.


sumber :  http://www.palingseru.com/11655/cat-canggih-ini-bisa-membersihkan-mobil-kamu-dengan-sendirinya



0 komentar:

Post a Comment