Nikmatnya Manfaat Coklat


Siapa yang tak menyukai coklat? Makanan ini sangat nikmat, tetapi banyak otang yang takut mentkonsumsi coklat karena lemak yang terkandung dalam coklat. Kualitas bahan-bahan yang dikandung dalam coklat tentunya memiliki efek. Tentu saja, jika Anda benar-benar perhatian terhadap kesehatan, maka Anda akan hanya ingin makan coklat yang terbuat dari bahan alami.

Faktanya, telah ditemukan bahwa mengkonsumsi coklat berefek baik bagi tubuh Anda – tapi bukan coklat murah. Coklat mewah terbuat dari 60% atau lebih coklat padat yang mengandung nutrisi dan vitamin, dan memiliki sejumlah besar magnesium yang menguntungkan bagi sistem kardiovaskular dan hipertensi.

Coklat juga diketahui mengandung catechins, antioksidan yang sama yang ditemukan pada teh hijau yang dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung, jadi makan coklat tak berlebih-lebihan dapat menyehatkan.

Coklat gelap atau dark chocolate merupakan coklat mewah tersehat karena mengandung gula dan lemak rendah, dan mengandung coklat padat lebih tinggi. Coklat murah merupakan pilihan kurang baik karena mengandung terlalu bnayak lemak dan gula dan mengandung 20% coklat padat.

Beberapa keuntungan kesehatan dark coklat termasuk efek positif dalam melawan penyakit kardiovaskular, penuaan, dan bahkan kanker. Faktanya, beberapa studi baru-baru ini telah menunjukan bahwa dark coklat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah seperti memiliki sifat anti-pembekuan. Tidak hanya itu, tetapi juga dark coklat mengandung indeks glycemic yang rendah sehingga membantu Anda mengelola kadar gula darah Anda lebih baik, sedangkan snack lainnya akan menghentikan gula darah dan membuat Anda menginginkan snack lagi, dark coklat akan membuat Anda tak ketagihan.

Dark coklat bahkan mengandung beberapa mineral vital yang mungkin tidak Anda dapatkan dari menu diet. Besi, tembaga, kalsium, dan magnesium semuanya ada di coklat. Dark coklat mengansung 8% RDA untuk kalsium, 7% RDA untuk besi, 14% RDA untuk tembaga, dan 12% RDA untuk magnesium dan menjadi sumber alami kalium.

Berikut fakta menarik mengapa Anda perlu mengkonsumsi coklat:

1. Sebagai anti-oksidan

Coklat mentah, yang belum diproses merupakan makanan antioksidan terkaya di seluruh dunia. Anti-oksidan membantu menjaga tubuh kita dari perkembangan kanker, dan sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi 3000 hingga 5000 ORAC dalam antioksidan per hari.

2. Penunjang kesehatan sistem kardiovaskular

Bahan pembuat coklat membantu mengurangi kerusakan kardiovaskular dengan meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Hal ini membersihkan pembuluh darah dari bahaya lemak. Flavanoid yang ditemukan di coklat membantu mengurangi bekuan dari mulai pembentukan yang dapat menyebabkan kerusakan pembuluh otot jantung. Flavonoid ini memperkuat aliran darah ke jantung dan memungkinkan pembuluh darah melebar dengan mudah. Sebagai tambahan, coklat memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu menghentikan inflamasi dari kerusakan tubuh kita.

3. Menurunkan tekanan darah

Memperkecil konsumsi dark coklat yang teratur membantu mengurangi tekanan darah di beberapa situasi, yang pentingnya membantu mengurangi kerusakan pembuluh jantung. Kakao merupakan enzim inhibitor renninangiotension, yang beroperasi sama seperti cara pil dan obat-obatan tekanan darah bekerja.

4. Menjaga kesehatan oral

Mengkonsumsi produk dark coklat dan kakao sebenarnya dapat membantu mengurangi rongga gigi, mencegah penyakit gusi, dan bahkan mengurangi jumlah plak yang ditemukan di gigi. Tentu saja, ini tidak akan menjadi seperti tersebut, ketika coklat dipenuhi dengan gula, jadi pilihlah coklat yang mengandung kakao tinggi (65% atau lebih) dan lewatkan gula.

5. Memelihara kewaspadaan mental dan anti-depresan

Penelitian lainnya menemukan bhawa coklat mengandung theobromine, sejumlah kecil kafein dan anandamide. Zat-zat ini bertindak sebagai zat kimia kewaspadaan mental dan membantu meningkatkan suasana hati untuk janga pendek. Sifat anti-depresan terbukti oleh para peneliti ketika mereka menemukan bahwa tingkat kedua serotonin dan dopamine meningkat setelah mengkonsumsi coklat. Karbohidrat dan theobromine membantu menstimulasi sistem syaraf yang menghasilkan ekstra energi. Beberapa peniliti juga telah membuktikan bahwa coklat dapat digunakan untuk membantu wanita meningkatkan libidonya.

Jika Anda suka mengkonsumsi coklat, maka Anda dapat melanjutkannya. Yang harus Anda ingat adalah konsumsi coklat harus cukup karena mengkonsumsi coklat yang melebihi aturan membuat Anda menjadi tak sehat dan menambah berat badan.

Selamat mencoba..

Sumber: ezinearticles.com



0 comments:

Post a Comment