Email Phishing Coba Membobol Account PayPal

PayPal Phishing
Kejahatan cyber memang terus mengancam para pengguna internet. Para pelakunya tak henti-hentinya terus mencari celah buat membobol akun kita yang ada di internet. Terutama akun yang berhubungan dengan data finansial. Baru-baru ini ada sebuah email phishing (palsu) nyelonong ke akun email saya. Sebuah email pemberitahuan yang sempat membuat saya sedikit kaget. Betapa tidak? Akun Paypal saya diberitahu limited. Yaitu semacam peringatan kalau akun saya bermasalah atau kena suspend sehingga tidak bisa dipergunakan lagi.

Namun, sebelum saya mempercayai email tersebut, lewat browser saya coba masuk login dulu ke PayPal apa benar akun saya kena limited. Saya masuk lewat bookmark di browser saya, bukan lewat anchor link yang ada di email tersebut. Dan hasilnya akun PayPal saya ternyata aman-aman saja tidak limited. Akh, lega rasanya.

Dari awal sebetulnya saya sempat curiga kalau ini email phishing. Karena melihat ciri-cirinya, pertama dijebloskan ke folder spam oleh Gmail. Kedua, anchor text yang mengandung link untuk perintah aktivasinya, waktu saya cek mengarah ke situs asing ini http://laure-b.com/US/paypal.com, bukan ke situs PayPal.com. Ketiga, akun email yang terima email phishing tersebut bukan akun email yang saya pakai buat buka rekening di PayPal.

Berikut saya kutip email yang masuk ke folder spam Gmail saya.



Information Regarding Your account:
Dear PayPal Member:

Attention!

Your PayPal account has been limited!

As part of our security measures, we regularly screen activity in the PayPal system. We recently contacted you after noticing an issue on your account.We requested information from you for the following reason:

Our system detected unusual charges to a credit card linked to your PayPal account.

Reference Number: PP-259-187-991

This is the Last reminder to log in to PayPal as soon as possible. Once you log in, you will be provided with steps to restore your account access.

Once you log in, you will be provided with steps to restore your account access. We appreciate your understanding as we work to ensure account safety.

Click here to activate your account

We thank you for your prompt attention to this matter. Please understand that this is a security measure intended to help protect you and your account. We apologise for any inconvenience.

Sincerely,
PayPal Account Review Department



Dan penampakan situsnya waktu saya buka di browser Chrome muncul pesan warning seperti di bawah ini. Rupanya Google Chrome sudah memblok sekaligus memperingatkan saya kalau situs tersebut adalah situs phishing.

Phishing
Warning dari Google Chrome




Penasaran kemudian saya coba buka lagi lewat Firefox. Hasilnya, lewat Firefox masih bisa kebuka. Firefox ternyata masih kalah dibanding Chrome untuk urusan yang satu ini ( masalah keamanan). Ini screnshoot penampakan situsnya.

Situs Phishing
Situs PayPal Palsu



Bagaimana? Benar-benar mirip dengan situs PayPal yang asli, bukan?




sumber :http://www.diptara.com/2011/10/email-phishing-coba-membobol-account.html

Sumber Foto: Madtomatoe.com

0 komentar:

Post a Comment