Memilih Tempat Fitnes Yang Tepat



Saat ini banyak klub fitnes atau gym bermunculan, terutama di daerah perkotaan demi memenuhi kebutuhan kaum urban yang selalu sibuk, namun tetap ingin menjaga kebugaran tubuh. Banyaknya gym, terkadang membuat kita sulit menentukan mana tempat yang paling cocok dan sesuai kebutuhan serta kantong.

Sebelum memutuskan bergabung di klub fitnes tertentu, ada baiknya jika Anda memerhatikan dulu beberapa hal. Dikutip dari Helium, berikut ini enam faktor yang wajib diketahui saat memilih gym.

1. Cari Rekomendasi
Jika ada teman atau kenalan Anda yang terbiasa olahraga di gym, bisa meminta rekomendasi klub fitnes yang berkualitas. Tanyakan pengalamannya selama fitnes di sana, hal-hal apa saja yang jadi kekurangan dan kelebihan. Mendapat informasi dari orang yang sudah berpengalaman, akan lebih membantu Anda dibandingkan mencari referensi dari brosur atau situs klub fitnes yang dimaksud, karena biasanya hanya untuk promosi yang tentu saja hanya menawarkan kelebihan-kelebihan.

2. Berapa Lama Gym Didirikan
Reputasi adalah salah satu hal yang penting dalam memilih gym. Klub fitnes yang bisa mempertahankan keberadaannya dalam waktu lama, bahkan berhasil mengembangkan cabang atau franchise, menandakan banyak pengunjung yang merasa puas dengan pelayanan mereka. Klub yang sudah berdiri lama, biasanya mengutamakan kualitas mulai dari higienitas, kelengkapan peralatan, keselamatan pengunjung dan memiliki staf serta instruktur profesional.

3. Perhatikan Kebutuhan
Semakin lengkap fasilitas yang disediakan, biasanya biaya untuk fitnes per bulannya juga lebih mahal. Ada gym yang hanya menyediakan peralatan fitnes dasar dan aerobik. Ada pula yang dilengkapi dengan kolam renang serta peralatan canggih yang dilengkapi simulasi virtual. Tempat fitnes yang lengkap dan canggih mungkin lebih menggiurkan. Tapi jika Anda hanya memerlukan olahraga dasar, atau hanya punya sedikit waktu untuk berolahraga, untuk apa menghabiskan biaya mahal jika tidak semua fasilitas bisa dinikmati? Sebelum memutuskan bergabung ke klub fitnes mana, perhatikan dulu apa saja yang Anda butuhkan.

4. Lihat 'Lalu Lintas' di Gym
Selain fasilitas, perhatikan juga aktivitas di dalam tempat fitnes. Lihat bagaimana mereka mengatur jadwal latihan dan kapasitas pengunjung setiap harinya. Anda tentunya tidak mau aktivitas berolahraga terganggu karena harus bergantian menggunakan alat fitnes, atau menunggu terlalu lama karena kelas aerobik sudah penuh. Sebelum memutuskan untuk jadi anggota, coba kunjungi tempat fitnes pada jam-jam sibuk untuk melihat apakah masalah tersebut terjadi.

5. Pelayanan Staf dan Instruktur
Apakah staf bersikap ramah? Memerhatikan keselamatan dan kenyamanan pengunjung? Instruktur fitnes selalu bersedia melatih dan membantu jika ada kesulitan? Jika faktor-faktor tersebut ada di gym yang Anda datangi, maka patut dipertimbangkan untuk jadi pilihan.

6. Adakah Biaya Tambahan?
Saat memutuskan untuk registrasi jadi anggota klub fitnes, perhatikan dengan seksama biaya yang dikenakan per bulan atau per tahun. Biasanya, keanggota dibedakan menjadi beberapa kelas, misalnya silver member, gold member atau platinum. Ada juga istilah standart atau premium member. Semakin mahal, fasilitas yang didapat tentu semakin banyak. Sesuaikan paket yang tepat untuk kebutuhan Anda. Jika ingin ikut kelas tambahan di luar paket, tanyakan berapa fee yang harus dibayar.



Sumber: http://www.wolipop.com/read/2011/09/08/100657/1717960/849/perhatikan-6-hal-ini-sebelum-memilih-tempat-fitnes?w992201835

0 comments:

Post a Comment