Forum Kecantikan: Membuat Ramuan Tradisional



Tampil cantik adalah dambaan setiap wanita dan salon adalah solusi praktis bagi mereka yang punya uang lebih. Namun, bagaimana jika Anda hanya memiliki uang pas-pas. Jangankan untuk pergi salon, untuk pergi ke pasar membeli kebutuhan pokok saja, masih susah. Nah, dalam forum kecantikan ini, akan mengupas cara tampil cantik namun tidak menguras keuangan Anda.

Semua bisa kembali ke alam, back to nature. Alam sudah menyediakan segalanya untuk kita manfaatkan. Asal kita mau melirik apa yang ada di sekitar kita maka alam akan memberikan solusi yang terbaik.

Inilah forum kecantikan yang Anda cari. Cara tampil cantik dengan cara yang unik dan antik.

Cara membuat wajah berseri

Setiap wanita senantiasa mendambakan wajahnya cantik dan berseri. Inilah salah resep tradisional nenek moyang yang bisa membuat wajah Anda cantik dan berseri.

Ambil sebanyak mungkin bunga srigading yang sudah mekar. Kumpulkan lalu dijemur di terik matahari hingga kering. Setelah kering, simpan di toples yang kering dan tertutup rapat agar wanginya tidak hilang.

Cara menggunakannya, ambil segenggam bunga kering tersebut dan masukkan ke dalam gelas. Kemudian, tambahkan dua sendok makan madu dan gula batu. Tuangkan air panas ke dalamnya hingga air menjadi harum dan airnya kuning alami.

Diminum hangat-hangat atau dingin sesuai selera. Lakukan secara berkala minimal seminggu tiga kali atau tiap hari satu gelas di pagi hari itu lebih bagus. Ini adalah rahasia putri keraton Kerajaan Sunda.

Cara menghilangkan wajah bopeng

Wajah bopeng bekas cacar memang sulit disembuhkan, apalagi kalau sudah terlalu lama dan bekas lukanya cukup dalam. Hal ini akan membuat penampilan Anda tampak mengerikan. Anda tidak perlu kuatir. Jika telaten, wajah bopeng bekas cacar atau jerawat akan hilang dengan sendirinya.

Kumpulkan lidi aren. Jemur hingga kering lalu bakar hingga jadi abu. Dalam istilah bahasa Sunda disebut sararang kawung, yang bisa Anda dapatkan penjual jamu dan bunga di pasar tradisional. Lalu, gosokan abu lidi pada wajah sampai merata seperti Anda menggunakan bedak. Lakukan secara telaten setiap pagi dan sore. Wajah bopeng lambat laun akan kembali normal.

Menghilangkan flek hitam dengan cumi

Cumi-cumi yang biasa Anda konsumsi menjadi hidangan, ternyata dapat juga digunaka untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Caranya: keriklah punggung cumi basah yang berwarna putih dan keras hingga menjadi serpihan halus seperti powder (Ingat, bukan cumi kering yang sudah menjadi asinan). Setelah dijemur sampai kering taburkan sedikit bedak bayi agar tidak terlalu bau ketika dipakai. Oleskan pada bagian wajah yang hitam tiap kali hendak pergi tidur dan setelah bangun tidur. Ulangi cara tersebut secara intensif dan berkala sampai flek hitam di wajah menghilang.

Ketan menghaluskan kulit

Tahukah Anda, di salah satu desa di Jepang, ada sekelompok perempuan tua membuat ketan, usianya hampir semua di atas enam puluh tahu. Namun, ajaibnya, tangan mereka mulus dan halus seperti gadis remaja. Hal ini disebabkan karena efek asimilasi ketan yang selalu meregenerasi jaringan kulit mereka.

Karena Anda bukan pembuat ketan seperti para perempuan tua di Jepang, Anda bisa mencoba metode ini untuk meniru tradisi mereka agar kulit tampak selalu muda dan halus.

Caranya: ambil beras ketan secukupnya kemudian digongso atau digoreng tanpa minyak. Sampai ketan ketan itu gosong. Kemudian, tumbuk hingga halus. Lalu, tempatkan serbuk ketan tersebut pada wadah yang telah diberi air dan asam jawa secukupnya. Aduk hingga menjadi adonan yang tidak terlalu encer.

Gosokkan ramuan tersebut pada kaki dan tangan Anda yang terasa kasar, seperti lutut dan sikut atau telapak tangan. Lakukan hal ini dengan rutin. Jika Anda terus melakukan, Anda akan punya kulit seperti gadis remaja sampai tua.


Sumber : AnneAhira.com



5 comments:

  1. maaf ya mbak..yang dimaksud serarang kawung itu lidi pohon aren yang diujung atau yang hitam yang biasa dibuat sapu itu mbak?
    tolong dibalas ya mbak. saya sangat membutuhkan itu untuk wajah saya mbak.......

    ReplyDelete
  2. silahkan kirim alamat emailnya, nanti kita balas via email yaa... terima kasih

    ReplyDelete
  3. sya juga mau bahas neh mbak,,, al_fian8833@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  4. sya juga tertarik bahas ini al_fian8833@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  5. Saya juga dong mba, butuh bgt infonya :( icalcesar@gmail.com atau icalcesar@yahoo.com,, ditunggu ya infonya, makasih

    ReplyDelete