Cantik Tanpa Tertular Kuman

Penyebaran kuman atau bakteri tidak hanya terjadi di tempat-tempat kotor. Ternyata, Anda juga bisa tertular kuman saat membeli peralatan kosmetik. Kok bisa?

Sebelum memutuskan membeli lipstik, bedak, atau eyeshadow, apakah Anda sering mencobanya terlebih dulu? Jika iya, hentikan kebiasaan ini. Sebab, mencoba sample make up di gerai-gerai kosmetik bisa menjadi ajang berbagi bakteri antara Anda dan pembeli lainnya.

Tanpa Anda sadari, kuman atau bateri dari pembeli lain yang menempel di alat-alat kosmetik tersebut bisa berpindah ke tubuh Anda. Perlu Anda tahu, sample make up yang dipajang untuk dicoba bisa dipenuhi dengan bakteri merugikan.

Peringatan untuk waspada sebelum berbagi kosmetik ini dikeluarkan oleh tim peneliti dari Universitas Rowan di New Jersey, AS. Pemimpin peneliti Elizabeth Brooks, seorang profesor ilmu biologi, mengatakan, ada kemungkinan sampel make up di toko kosmetik menimbulkan alergi atau gangguan kesehatan lainnya.

Tidak ingin berbagi kuman lewat alat kosmetik, berikut beberapa petunjuk saat mencoba make up yang aman, seperti dikutip dari laman Genius Beauty.

- Lipstik

Untuk mencobanya, sebaiknya jangan langsung dioleskan di bibir atau kulit Anda, melainkan bersihkan permukaan lipstik dengan kapas atau tisu. Meskipun telah dibersihkan, sebaiknya jangan mengoleskan lipstik langsung ke bibir, Anda juga bisa melihat warnanya saat dioleskan ke kulit.

- Eye shadow

Sebaiknya ketika Anda mencobanya, jangan langsung di kelopak mata, tapi pada tulang alis saja. Dan agar aman, ada baiknya Anda tetap menggunakan kapas.

- Lotion

Kosmetik ini lebih aman dicoba jika tempat penyimpanannya dari tabung atau jenis wadah tertutup lainnya.

- Blush on

Biasanya diaplikasikan dengan kuas makeup yang disediakan toko. Sebelum memakainya, lebih baik bersihkan dengan semprotan berbasis alkohol dan menunggu selama beberapa menit untuk membiarkannya kering terlebih dulu.

- Foundation

Lebih aman pada kulit ketika Anda menghapus lapisan atas dan menerapkannya dengan hati-hati dengan memakai spons make up.



0 comments:

Post a Comment