DOWNLOAD untuk MS Word Menulis Al Qur'an

Ada kalanya dalam penulisan artikel atau karangan kita mengutip ayat-ayat dari Al-Quran. Kalau yang dikutip cuma terjemahannya saja tentunya tidak jadi masalah. Tetapi bagaimana kalau beserta ayat Al-Qur'annya? Pastilah akan sulit, karena MS Word standar tidak menyertakan arabic font pada pilihan hurufnya.

Dan kalau kita menginstal sendiri tambahan arabic font, maka kita harus mengetikkan huruf arabnya dengan sangat hati-hati (gak boleh salah), sebab yang ditulis adalah ayat dalam kitab suci.

Bagaimana kalau kita tidak mempunyai font huruf arabic? Maka penulisan ayat Al-Quran dengan MS Word menjadi tidak mungkin. Akhirnya jalan yang ditempuh adalah memberikan space pada tulisan kita untuk nantinya ditulisi huruf arabic dengan tangan. hasilnya tentu saja tidak profesional. Hasil Print di mix dengan tulisan tangan.

Untunglah ada yang berbaik hati membuat program Al-Qur'an dan terjemahannya. Program ini setelah diinstal menjadi bagian (add in) dari MS Word baik versi 2003 maupun Word 2007.

Program ini telah saya coba pada kompi saya dengan MS Word 2007 dan hasilnya sangat mengagumkan. Tinggal klik menu 'add in' maka akan keluar tab Al-Quran, klik pada AlQuran maka akan keluar menu pilihan surat, ayat 1 s/d ...., ukuran font, bahkan terdapat pilihan Al-Qur'an + terjemahan, Al-Qur'an saja, terjemahan saja.

Kalau pada MS Word 2003 maka akan keluar menu tambahan setelah menu help.

Hasil print out nya pun luar biasa. Maka impian untuk menulis dengan tambahan huruf Al-Qur'an dengan hasil sangat profesionalpun dapat menjadi kenyataan.

Setelah diinstall, kita buka MS Word kita, maka akan muncul menu tambahan add ins pada menu bar.

Gambar 1. Klik menu Add ins

Setelah add ins di klik akan muncul tab Al-Quran di pojok kiri atas layar monitor
Gambar 2. Klik Al-Quran

Akan muncul menu untuk memilih Surat, pilih ayat ke berapa sampai berapa, dan ukuran font arabicnya. Perhatikan gambar di bawah
Gambar 3. Menu Al-Quran


Dalam contoh ini, saya pilih surat Al Ikhlas ayat 1 - 4, dengan ukuran font 14, setelah diklik OK maka akan muncul Surat AL Ikhlas beserta terjemahannya (tentu saja dalam bahasa Indonesia) pada lembar kerja MS Word kita.

Gambar 4. Hasil yang kita dapat


Bagi yang berminat silahkan download dari link dibawah ini (cuma 1 M). jauh lebih kecil daripada sebuah lagu MP3.


Selamat mencoba.

1 comment:

  1. SHARING INFO YG BERMANFAAT. TRM KSH YA MAU BERBAGI.

    ReplyDelete