Teknik Relaksasi untuk Kecantikan Kulit



Lebih dari 18 tahun bekerja sebagai aesthetician membuat Kate Somerville mendapatkan kesimpulan bahwa masalah pada kondisi mental seseorang bisa memengaruhi kecantikan kulitnya. Bahwa jiwa yang tenang dan bahagia akan terpancar pada kecantikan kulit juga. Kate merekomendasikan agar para pasiennya melakukan teknik-teknik relaksasi untuk mengembalikan kecantikan kulit.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan:


Bernapas

Sadar atau tidak, saat kita merasa gugup dan panik, kita akan mulai bernapas cepat dan pendek, bahkan ada sebagian dari kita yang malah menahan napas. Cobalah untuk mulai melakukan kebiasaan untuk duduk diam dan mengambil waktu sejenak agar bisa mengatur napas. Duduklah di tempat yang sepi untuk Anda bisa berfokus pada pernapasan. Coba lakukan 5-6 pengambilan dan pengeluaran napas dalam semenit (rata-rata kita bernapas 15 kali dalam 1 menit). Tarik napas dalam menggunakan diafragma dan dorong dengan perut. Tunggu beberapa hitungan, lalu embuskan perlahan. Menurut studi, melakukan hal ini bisa menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan imun tubuh. Saat Anda mulai merasa relaks, pernapasan yang dalam dan teratur bisa memengaruhi sirkulasi darah dan oksigen ke otak, juga ke kulit. Semua sel tubuh butuh aliran oksigen yang tetap dan baik agar bisa hidup, mendapat nutrisi yang dibutuhkan.

Relaksasi

Sering merasa pundak dan leher kaku? Jika ya, sudah saatnya Anda melakukan relaksasi progresif. Caranya, berbaringlah di lantai yang sudah diberi alas. Pastikan tubuh tidak terlalu ketat dan menghambat alur oksigen atau darah. Buka sedikit kaki Anda dan letakkan tangan di sisi tubuh dengan telapak menghadap ke atas. Perhatikan napas Anda. Saat Anda menarik napas, coba kencangkan otot pada bagian-bagian tubuh Anda, tahan hingga beberapa hitungan, mulai dari kaki. Saat mengembuskan napas, lepaskan otot yang mengencang tersebut. Mulailah dari kaki, bokong, perut, dada, lengan, tangan, pundak, leher, dan wajah secara bergantian. Lakukan pengencangan otot-otot tersebut, lalu lepaskan. Saat Anda terbiasa melakukan hal ini, Anda akan makin sadar bagaimana mengurangi ketegangan pada otot-otot di tubuh.

Meditasi


Meditasi adalah sebuah relaksasi fisik yang dalam dikombinasikan dengan kewaspadaan mental, dan ada banyak cara untuk mendapatkan kondisi ini. Salah satu cara yang dilakukan untuk melakukan meditasi adalah dengan duduk, memfokuskan diri pada suatu hal yang mengambil atensi Anda; sebuah kata, image, napas, atau hal lainnya. Tak perlu duduk dengan melipat kaki ala meditasi yoga, Anda bisa duduk di bangku dengan punggung tegak dan kaki menapak lantai dan taruh tangan di pangkuan Anda. Meditasi sudah dilakukan sejak lama, termasuk pula dalam ajaran agama, misal sambil berdoa.

Tutup mata Anda, bernapaslah pelan dan alami, tetapi fokus pada rasa napas yang keluar dan masuk tubuh Anda. Nikmati sensasi dingin saat Anda menghirup udara dan hangat saat diembuskan. Penting untuk mengusir pikiran dari hal yang membuat Anda stres untuk sementara. Bermeditasi adalah pelega stres yang efektif untuk dilakukan secara reguler. Cobalah untuk melakukan meditasi beberapa menit setiap harinya.

Yoga

Beberapa latihan yoga, seperti hatha yoga, ditemukan oleh para peneliti bisa menurunkan level kortisol, hormon penyebab stres, dan membuat kulit tidak sehat. Selain itu, yoga yang dilakukan secara teratur juga bisa membuat tubuh lebih seimbang, terjaga posturnya, plus kulit lebih sehat.

Olahraga kardio
Seperti diketahui, berlatih olahraga bisa membantu mendorong semangat karena memompa darah dari jantung supaya mengalir lebih deras, plus meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Riset menunjukkan bahwa ada hubungan yang langsung antara latihan yang ringan dan pengurangan radang pada jaringan kulit, dan sepertinya ini terjadi karena aliran darah dan oksigen yang meningkat. Studi juga mengatakan bahwa kulit dari mereka yang sering berlatih olahraga terlihat lebih tebal ketimbang yang jarang olahraga.

"Steam"
Steam adalah komponen dasar dari facial karena membuka pori-pori dan membantu pembersihan. Kondisi sekitar yang hangat juga merelaksasi pembuluh darah dan mendorong sirkulasi.

Pijatan

Pijatan bisa membantu aliran limpatik. Sistem limpatik adalah jaringan yang kompleks dan merupakan organ yang bertanggung jawab untuk melepaskan toksin dari sel yang sehat. Pijatan membantu pergerakan dari cairan yang melewati sistem tersebut, membantu mengurangi pembuangan metabolik, cairan berlebih, dan bakteri. Pijatan limpatik juga membantu menghidrasi kulit, mengurangi toksin, mengenyahkan jerawat, dan bahkan bisa mengurangi tampilan selulit.


http://zona-orang-gila.blogspot.com/2010/09/teknik-relaksasi-untuk-kecantikan-kulit.html

0 comments:

Post a Comment