Beberapa Kesalahan Kesehatan yang Dilakukan Perempuan

Perempuan diketahui lebih peduli dalam hal menjaga kesehatannya. Tapi tanpa disadari beberapa hal yang dilakukannya justru bisa menjadi kesalahan bagi kondisi kesehatannya.

Beberapa kebiasaan tertentu tanpa disadari kadang bisa menjadi sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Ada 6 kesalahan yang biasa dilakukan perempuan terhadap kesehatannya, yaitu:

1. Selalu memesan salad


Sebaiknya jangan memiliki asumsi bahwa semangkuk salad adalah menu yang sehat, karena pada porsi tertentu semangkuk salad sama dengan sebuah burger. Salad biasanya mengandung saus yang penuh dengan lemak, serta kandungan tak sehat lainnya. Jika ingin mengonsumsi salad sebaiknya pilihlah beberapa sayuran dan menghindari penggunaan saus mayonaise atau mustard berlebih, serta hindari penambahan keju sebagai taburan di atasnya.

2. Menghindari atau terlalu sering menimbang berat badan

Beberapa perempuan sangat anti dengan timbangan berat badan atau justru terlalu sering menimbang berat badannya. Berat badan umumnya bervariasi dari hari ke hari dan bahkan dari jam ke jam berikutnya. Sebaiknya seseorang menimbang berat badannya sebulan sekali di pagi hari, tanpa menggunakan pakaian dan setelah menggunakan kamar mandi. Pada kondisi tersebut seseorang akan mendapatkan berat badan yang sebenarnya.

3. Mengabaikan rasa nyeri dan sakit

Perempuan yang sibuk bekerja, merawat anak-anak serta mengatur dan membersihkan rumah umumnya akan berpikir rasa sakit atau nyeri yang dialaminya akibat kelelahan, sehingga sering diabaikan. Meskipun perempuan cenderung lebih sering ke dokter dibanding laki-laki, pada umumnya ia tidak terlalu memperhatikan dirinya sendiri. Tapi jika rasa sakit atau nyeri tersebut sering muncul sebaiknya tidak diabaikan.

4. Suka menggunakan lensa kontak setiap saat

Pada kondisi tertentu seperti cuaca kering atau sedang flu, lebih aman bagi seseorang menggunakan kacamata dibanding dengan lensa kontak. Selain itu penurunan produksi air mata bisa membuat pemakai lensa kontak lebih rentan terkena penyakit mata konjungtivitis yang menular. Para ahli menyarankan untuk beralih ke kacamata sekali-kali untuk menghindari infeksi.

5. Tidak mendapatkan tidur yang cukup

Sebagian besar perempuan tidak mendapatkan tidur malam yang cukup atau kurang dari 7 jam. Kondisi ini seringkali terjadi dalam jangka waktu lama sehingga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membakar lemak, serta membayar harga yang mahal untuk kesehatannya. Hindari konsumsi kafein, alkohol atau apapun sebagai penginduksi tidur, serta mulailah memperbaiki pola tidur yang benar.

6. Memiliki teman dengan kebiasaan kesehatan buruk

Perempuan cenderung lebih suka mengikuti apa yang dilakukan oleh teman-temannya, dan sungkan untuk menolak tawaran teman-temannya. Orang-orang disekitar dapat mempengaruhi dengan cara-cara yang kadang tidak disadari, karenanya usahakan untuk tetap mempertahankan keyakininan diri sendiri terhadap sesuatu yang sehat dan menghindari pengaruh orang lain.


Sumber :http://www.detikhealth.com/read/2010/11/15/165018/1494810/766/kesalahan-kesehatan-yang-dilakukan-perempuan

0 komentar:

Post a Comment