5 Suplemen Penting untuk Perempuan


Sebagian besar perempuan tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan, sehingga memerlukan tambahan vitamin. Karena itu ketahui vitamin dan mineral yang penting untuk perempuan.

Mineral dan vitamin bisa didapatkan dari makanan sehat atau suplemen, tapi terkadang kaum perempuan tidak terlalu memperhatikan hal tersebut. Padahal vitamin dan mineral ini memiliki fungsi yang penting bagi tubuh.

ada vitamin dan mineral yang penting untuk kaum perempuan, yaitu:

Asam folat
Asam folat sangat dibutuhkan bagi perempuan yang berada dalam masa subur. Hal ini karena asam folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf lahir yang berkembang di awal kehamilan. Karena itu penting untuk mengonsumsi asam folat sebelum dirinya menyadari bahwa ia telah hamil.

Kalsium
Perempuan harus mengonsumsi kalsium yang cukup untuk membantu membangun massa tulang di masa-masa awal pertumbuhan, serta mengurangi risiko osteoporosis yang membuat hilangnya kepadatan tulang.

Zat Besi
Setiap bulan seorang perempuan harus kehilangan beberapa zat besi melalui menstruasi. Dengan mengonsumsi zat besi sebanyak 15 mg setiap harinya bisa membantu perempuan terhindar dari anemia kekurangan zat besi, yaitu kondisi yang dapat menyebabkan pucat, sakit kepala dan kelelahan. Zat besi bisa didapatkan dari suplemen atau makanan seperti daging, ikan, kacang polong dan bayam. Tapi sebaiknya jangan berlebihan agar tidak menimbulkan bahaya.

Vitamin D
Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu melindungi perempuan melawan kanker usus besar dan payudara. Bukti lain juga menunjukkan vitamin D bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, mencegah pilek dan mengatur kadar kalsium di dalam tubuh.

Jumlah yang dikonsumsi minimal 400 IU per hari yang bisa berasal dari sinar matahari dan produk susu. Untuk perempuan yang gemuk dan berkulit hitam, sebaiknya konsultasikan dengan dokter karena membutuhkan jumlah yang lebih besar.

Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi dan katarak. Perempuan harus mengonsumsi vitamin C sebanyak 75 mg per hari, sedangkan perempuan yang merokok membutuhkan vitamin C lebih banyak. Sumber vitamin C yang baik adalah jeruk, stroberi, paprika merah dan brokoli.



Sumber : http://www.detikhealth.com/read/2010/10/08/150313/1459137/766/5-suplemen-penting-untuk-perempuan

0 comments:

Post a Comment