Ada Bahasa Latin di Google Translate


Google

Google Translate, sebuah layanan yang dapat langsung menerjemahkan seluruh halaman web atau potongan teks dalam bahasa lain, telah menambahkan bahasa Latin ke dalam daftarnya.

Google Translate mendukung lebih dari 50 bahasa, termasuk bahasa minoritas seperti Welsh dan Haiti Creole, dan penambahan Latin pasti akan menyenangkan akademisi dan tradisionalis.

Dalam posting blog, menulis seluruhnya dalam bahasa Latin, Jakob Uszkoreit, insinyur senior di Google mengatakan bahwa bahasa Latin jauh dari "dead language".

"Ada banyak pelajaran dalam bahasa Latin," tulisnya. "Lebih dari 100 ribu siswa Amerika mengambil National Latin Exam setiap tahun dan banyak lagi pelajaran berbahasa Latin di seluruh dunia. Dan ada banyak informasi tertulis di dalamnya."

Dia mengatakan perangkat penerjemah Latin itu akan jarang digunakan untuk menguraikan email atau keterangan pada video YouTube, tapi itu akan memungkinkan pengguna web untuk membaca banyak teks-teks filosofis dan ilmiah yang ditulis dalam bahasa ini.

"Ada puluhan ribu scan buku yang ditulis dalam bahasa Latin di Google Books, dan banyak lagi yang mengandung kutipan Latin dan peribahasa," tulisnya dikutip Telegraph.

Google mengharapkan terjemahan ke dan dari dalam bahasa Latin menjadi salah satu yang paling akurat yang ditawarkan oleh Google Translate.

"Tidak seperti bahasa asing lain dalam Google Translate, Latin menawarkan keuntungan unik: kebanyakan dari text (kata) yang ada telah dimasukkan dan sebagian besar telah diterjemahkan dalam bahasa lain.

"Kami menggunakan terjemahan ini, ditemukan di buku dan di web, untuk melatih sistem kami." Google juga menambahkan fungsi text-to-speech Latin juga, untuk membantu pengucapannya, demikian Telegraph.




0 comments:

Post a Comment