Sarapan Tepat, Bakar Lemak Lebih Banyak!

img

Karbohidrat yang lambat dicerna seperti oatmeal (havermut) atau bran cereal, sebelum berolahraga akan membantu Anda membakar lemak lebih banyak. Hal ini seperti yang dilaporkan oleh studi pada Journal of Nutrition.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan delapan wanita sehat sebagai objek penelitian. Mereka diberikan dua jenis sarapan dengan kalori yang sama, namun tingkat glikemik indeksnya berbeda, seperti yang dikutip dari msn.

Pada hari pertama mereka diberikan sarapan muesli dengan susu, persik, yoghurt dan jus apel. Pada hari kedua mereka diberikan sarapan cornflake dengan susu skim, roti putih dengan margarin serta selai dan minuman energi. Sarapan pada hari pertama mengandung glikemik indeks yang rendah, sedangkan di hari kedua, tingkat glikemik indeksnya tinggi.

Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa pada hari pertama para objek penelitian membakar kalori hampir dua kali lipat lebih banyak daripada hari pertama dengan cara berjalan selama 60 menit. Apa penyebabnya?

Makanan dengan kandungan glikemik indeks yang rendah lebih lama dicerna. Menurut Ian MacDonald, Ph.D., direktur penelitian di University of Nottingham Medical School, hal ini menyebabkan gula darah tidak meningkat tajam, tidak seperti saat objek penelitian memakan cornflake (mengandung glikemik indeks yang tinggi).

Penelitian ini tentunya bisa menjadi acuan Anda dalam memilih makanan. Pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang rendah akan glikemik indeks seperti oatmeal (havermut) dan roti gandum.

0 comments:

Post a Comment