Merokok di Depan Anak Sama dengan Membunuhnya Pelan-pelan

Sudah menjadi rahasia umum, perokok pasif -- yang hanya menghirup asap rokok -- sama berisikonya dengan perokok aktif. Profesor Steve Field, Ketua Royal College of General Practitioners (RCGP), yang mewakili 42 ribu dokter perawatan primer Inggris mengatakan bahwa orang tua yang merokok di depan anak-anak mereka sama dengan mengirimkan anak-anak mereka ke gerbang kematian. "Langkah ini sama dengan menghakimi seluruh generasi untuk seumur hidup dengan penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kematian dini," ujarnya.

Ia bahkan menyebut merokok di depan anak-anak merupakan suatu bentuk tindak pelecehatn terhadap mereka. Hal sama juga berlaku bagi orang tua yang selalu mengasupi anak-anaknya dengan makanan cepat saji berkatagori junk food.

Ia mendesak orangtua untuk menyadari dampak perilaku pribadi mereka sendiri terhadap anak-anak mereka. "Hanya dengan menjadi model peran yang sehat, keturunan mereka bisa hidup lama, hidup sehat, dan bahagia," ujarnya. Seperti dikutip Observer edisi mingguan, ia meminta orang tua dan orang dewasa secara umum untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk gaya hidup dan kesehatan mereka sendiri.

"Kebenaran, yang mungkin tidak enak bagi sebagian orang, adalah penting. Kita sudah terlalu sering, terlalu banyak mengabaikan aspek perilaku kesehatan pribadi kita, dan ini mengarah kepada peningkatan tingkat penyakit dan kematian dini," ujarnya.


Putra putri kita adalah penerus bangsa, yang semestinya kita pelihara dan kita didik dengan sebaik-baiknya.





0 comments:

Post a Comment