mbokmbek mau pergi haji..

Asongan yang satu ini nampak beda dengan yang lain saat menjajagan dagangannya, namanya mbokmbek, katanya sih itu singkatan dari mbokna bekri (emaknya bakri).

Mbokmbek demikian dirinya sering dipanggil temen temennya di KAPAL, wanita usia senja ini, nampak masih kelihatan muda, tak seperti kebanyakan wanita pada umumnya nampak kurang terawat pada usia usia senjanya.



Mbokmbek saat menjajagan dagangannya, nasi bungkus kertas dan nasi terbungkus plastik mika, mbokmbek selalu pilih pilih ‘target” yang akan ditawari, namun tembakannya jarang meleset untuk mendpatkan rejeki dari hasil menjajagan dagangannya.

Mas nasi yaaaa?, kok sampean nampak lapar sekali, belum makan yaaa?, nich makan, ga papa kalau ga punya duit bayarnya nanti saja kalau ketemu lagi, jangan ga makan yaaa, ntar sakit lhoo!.
Kalimat itu selalu saya dengar saat menawarkan makanan pada “target” yang akan dibidiki untuk mengais rejeki, dari percakapan itu kadang target mbokmbek, balik tanya berapa nasinya?, selalu dijawab,” yang bungkus kertas ini Rp.3500, yang bungkus mika ini Rp. 4500”, setelah target mau membeli, mbokmbek menawarkan, “air mineralnya juga yaaa Rp500”, biasanya pembeli langsung mantuk (nggangguk), dan saat itu juga mbokmbek menawari telor asin, kalau tambah telor asin cuman tambah 1800,- bagaimana?, kalau iya saya kupaskan sekalian, tidak sampai disitu saja, setelah pembeli selesai, tempat nasi (kertas,mika) diambil untuk dibuangkan ke bak sampah. Servis yang baik dari mbokmbek inilah menyebabkan, pembelinya merasa seneng dan berkata, terima kasih.

Saat tak ada pembeli, saya panggil mbokmbek, agar mendekat, tentunya menawari makanan yang dibawa, bapak mau makan yaaa?, yaaa, ”berapa yang ini, yang ini dan yang ini”. Dengan cepet mbokmbek menyebutkan satu harga yang saya tanyakan.
Saya tanya : “Mbok, sampean umurnya berapa?”,” umur saya 74 tahun pak!”, “sampean berapa?”, Ahh saya masih 52 tahun, waahhh sampean masih anak saya. “Anak sampean sekarang dimana kok sampean disuruh jualan di kapal?” : dijawab: “ anak saya semua sudah ke malaysia dan arab semua pak?”, kan enak sampean dapat kiriman duit dari anak sampean, wahhh saya ga mau pak, karena saya jualan ini, saya pengen pergi ke mekkah melihat ka’bah dan melihat Makam Rosulullah, pakai uang hasil kerja saya sendiri, bukan hasil anak saya!. Saat saya di mekkah saya akan teriak keras keras :
Labbaikallahumma labbaik
Labbaika laa syarika laka labbbaik
Innal hamda wanni’mata
Laka walmulk
Laa syariikalak


Itu Sebagai tanda saya di kabulkan gusti Allah, untuk bisa melihat Ka’bah dan makam Rosulullah.
Ngomong begitu sambil meneteskan airmatanya, ini ekspresi kangen bener dengan ka’bah dan makam Rosulullah.

Yaa Robbi, sungguh mulia dan ikhlasnya ibu ini, untuk bertemu denganMU, mereka menjaga serpihan dan recehan rejeki agar terhindar dari sifat HARAM, Yaa Robbi, kabulkan dan percepat keinginannya untuk memasuki dan melihat ka’bahMU.
Memangnya sampean sudah daftar?, iyaa pak, saya sudah daftar, insya’ Allah 2 tahun lagi 2012, ALHAMDULILLAH, yaa sabar aja mbok. Yaa udah mbok, kapalnya mau sandar, besok ketemu lagi yooo, iya pak hati hati dijalan yaaaa………….

Dari perbicangan tersebut dapat diambil hikmah :
1. Jiwa marketing yang dimiliki mbokmbek perlu di teladani, dalam mengais rejeki, utamanya soal keramahan dan kesopanan dalam menawarkan dagangan.
2. Kepercayaan untuk tidak dibayar dahulu, suatu bentuk keikhlasan memberikan kepercayaan pada orang lain.
3. Keikhlasan mbokmbek, untuk berlapar lapar selama 35 tahun (menabung), agar dapat melihat ka’bah dan makam Rosulullah, patut ditiru.
4. Niat mbokmbek di ikuti dengan usaha, kadang banyak yang pengen HAJI tapi tak pernah NABUNG
5. Gusti Allah selalu membimbing orang tertentu (yang punya niat gede) untuk datang ke Mekkah, dengan memberikan rejeki
6. Menjaga rejeki tak tercampur dengan yang HARAM sungguh amalan yang disukai gusti Allah


Do’a Rosulullah yang pernah di panjatkan pada saat tertentu :
"Wahai Allah limpahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw; sebanyak aneka rupa rizqi. Wahai Dzat Yang Maha Meluaskan rizqi kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Luaskan dan banyakanlah rizqiku dari segenap setiap penjuru dan perbendaharaan rizqi-Mu tanpa pemberian dari makhluk, berkat kemurahan-Mu jua. Dan limpahkanlah pula rahmat dan salam atas dan para sahabat beliau. "


KONSEP MEKKAH 2011

Pada tahun 2010, Mekkah akan sangat megah dibandingkan sekarang. Site plan baru ini menjadi sangat moderen bila dibandingkan dengan Mekkah yang sekarang dan ini akan memberikan kenyaman bagi Jemaah haji yang menunaikan Rukun Islam yang kelima ini.Fasilitas lain di sekitar kawasan yang termasuk aula konferensi, bangunan tempat tinggal, pusat komando untuk mengontrol arus lalu lintas, keamanan dan layanan lainnya. Infrastruktur ini akan memudahkan jemaah untuk masuk dan keluar dari Masjidil Haram.

Mari berdoa agar diberi umur panjang serta dilimpahkan rejeki yang halal agar bisa beribadah haji sekaligus menyaksikan kemegahan Mekkah di tahun 2011. Allahu Akbar!



0 comments:

Post a Comment