Kebiasaan Di Rumah Yang Bikin Tubuh Ramping

0110kcm1.jpg
SHUTTERSTOCK
Semakin banyak makanan tersaji di meja, Anda semakin berselera dan memungkinkan Anda melahap semuanya.

KONSISTENSI untuk menjalani pola makan sehat memengaruhi program diet Anda. Displin diri menjadi tolok ukur keberhasilannya. Untuk memudahkan Anda menjalani diet, ubah kebiasaan di rumah, terutama di dapur, agar Anda lebih sering bertemu dengan makanan sehat daripada makanan yang merusak diet.

1. Letakkan sayur dan buah paling depan
Pilih posisi paling mudah dilihat untuk meletakkan buah dan sayur. Apakah di meja makan, atau lemari es, selalu pastikan buah dan sayur yang akan Anda temui pertama kali.

"Makanan yang diletakkan terdepan itulah yang akan Anda pilih untuk dikonsumsi," kata Brian Wansink, PhD, direktur Food & Brand Lab, Cornell University, Ithaca, New York.

Diet Anda akan sukses dengan selalu menempatkan sayuran di bagian tengah lemari es di rumah. Jadi saat Anda membuka pintu lemari es, makanan sehat inilah yang pertama kali terlihat. Pilih buah atau sayur yang mudah dimakan, seperti wortel atau berbagai jenis berry.

2. Beli makanan dalam jumlah kecil
Membeli makanan dalam porsi besar memang memungkinkan Anda mendapat diskon atau harga yang lebih murah. Cara ini boleh jadi mengurangi pengeluaran Anda, namun sangat bisa menambah asupan kalori. Karena menurut studi yang diadakan Wansink, orang cenderung akan mengonsumsi makanan lebih banyak dengan persediaan melimpah. Sedangkan dengan stok makanan yang sedikit, orang cenderung mengurangi jumlah konsumsinya. Ini artinya, membeli makanan dalam porsi kecil sama dengan mengurangi asupan kalori dalam tubuh.

3. Gunakan alat makan berukuran kecil

Orang cenderung menyesuaikan porsi makan dengan perangkat makannya. Jika Anda menggunakan piring berukuran besar, semakin banyak pilihan makanan yang Anda ambil dan semuanya habis dikonsumsi. Semakin kecil ukurannya, Anda pun mengurangi porsi makan dari biasanya.

4. Jangan sajikan semua makanan di atas meja
Model hidangan seperti restoran padang yang menyajikan semua lauk di atas meja, sangat menggoda. Bagi yang tak disiplin dengan dirinya, setiap lauk yang mengundang selera akan diambilnya. Cara ini jelas merusak aturan pola makan Anda untuk mendapatkan tubuh ideal.

Wansink, dalam penelitian pendahuluannya, menunjukkan perempuan makan lebih sedikit dengan satu piring makan berisi lauk daripada gaya makan dengan semua lauk tersaji di meja.

5. Tambahkan bunga di atas meja makan
Aroma bunga mengalihkan selera makan Anda. Menghirup aroma bunga yang mengalahkan aroma masakan mengurangi selera makan, demikian menurut hasil sebuah penelitian. Lilin beraroma juga bisa menjadi alternatif pengganti bunga untuk mengurangi nafsu makan Anda.

6. Buat cahaya temaram
Cahaya terang mendorong Anda makan cepat. Anda mudah lapar dengan cara makan yang cepat, bukan? Sebaiknya ganti lampu di meja makan Anda dengan cahaya yang lebih redup.


Sumber : Sriwijaya Post - Jumat, 1 Oktober 2010

0 comments:

Post a Comment