Makanan-makanan Ini Bikin Kulit Lebih Bersinar

Ikan tuna bisa membantu kulit terlihat lebih indah, berkat kandungan omega-3-nya.


Krim-krim kulit bisa menghabiskan banyak uang untuk mencoba janji-janji dari para produsen untuk membuat kulit terlihat lebih cantik, muda, dan kencang. Namun, jika Anda sendiri tidak bisa merawat kulit lewat asupan dan nutrisi yang dibutuhkan kulit. Sepertinya akan percuma Anda membeli begitu banyak krim kulit. Amy Wechsler, MD, dermatolog dari Manhattan mengungkapkan lebih baik jika pemakaian produk kulit tersebut disertakan dengan asupan nutrisi untuk kulit. Makanan apa saja yang dibutuhkan kulit?

Untuk kulit kencang dan cerah
Anda pasti sudah "kenyang" diceramahi untuk makan sayuran dan buah-buahan agar kulit cantik dan kencang. Tetapi memang itulah kuncinya. Makanan yang disarankan oleh para dokter antara lain; kentang manis, tomat, dan kantalop.

Fungsi makanan-makanan yang disebutkan di atas tersebut antara lain adalah untuk menyediakan antioksidan yang diperlukan kulit. Antioksidan, seperti diketahui, mampu melawan radikal bebas yang siap merusak kulit dan menyebabkan kekeringan serta kerutan.

Untuk kulit segar dan kenyal
Tubuh tidak bisa menyimpan vitamin C pelawan kerutan pada wajah dalam jumlah banyak. Sehingga, Anda perlu mensuplai vitamin C dalam setiap harinya. Cara termudah? Makan buah-buahan yang tergolong dalam keluarga sitrus, seperti jeruk, lemon, limau, dan grapefruit (jeruk besar, mirip jeruk Bali).


Keluarga sitrus masih menempati sumber vitamin C yang tinggi, tetapi tentu Anda tak bisa makan jeruk dalam jumlah banyak juga. Jadi, untuk variasi, siapkan dalam bentuk lemonade, tambahan lemon pada sajian buah-buahan, dan lainnya.

Jaga vitamin C dalam level tinggi karena zat tersebut membantu menjaga kolagen (jaringan protein pembangun yang mencegah kulit lembek, dan menjaganya kuat dan kenyal). Karena kolagen akan mulai berkurang di usia 30an, disarankan untuk mengkonsumsi buah sitrus secukupnya sesering mungkin.

Menghaluskan dan menenangkan
Ada jenis antioksidan tertentu yang dikenal dengan EGCG, yang baik untuk kulit. Hal ini bisa ditemukan pada teh. Baik teh hitam, teh hijau, maupun teh putih. Minum 4-6 cangkir per hari akan sangat membantu. EGCG membantu mengatasi masalah peradangan, termasuk dalam bentuk jerawat dan penuaan akibat matahari, serta melawan kanker kulit, serta bisa melawan sel tumor.



Gelap dan hijau
Beberapa sayuran gelap, entah itu yang segar, beku, mentah, atau kukus bisa memiliki kandungan vitamin A, salah satu vitamin yang esensial untuk kulit. Sayuran yang disarankan oleh para dokter antara lain; bayam, turnip, dan brokoli.



Makanan-makanan tersebut memberikan vitamin A, menyokong pertukaran sel kulit mati dan yang baru. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit akan menjadi kering, keras, dan pecah-pecah.

Ikan-ikanan
Beberapa jenis ikan bisa memberikan asam lemak omega-3 yang melawan penuaan dan memberikan protein. Ikan yang disarankan; salmon, trout, tuna, sarden, makerel, herring, dan shellfish. Namun, siapkan asupan secukupnya. Karena dikhawatirkan, terlalu banyak makan ikan bisa membuat tubuh menyimpan merkuri dalam jumlah banyak. Batasi asupan cukup 2 kali seminggu.




Omega 3 bisa membantu melawan peradangan, dan diperkirakan merupakan pelawan penuaan yang paling tinggi, plus membantu melawan kulit yang terbakar akibat matahari, memperkaya efek SPF. Protein dibutuhkan untuk membangun, memperbaiki sel kulit, dan membuat enzim serta hormon yang membuat kulit bersinar.

Pastikan asupan makanan-makanan yang disebutkan di atas tercukupi, dan Anda tak hanya akan terlihat lebih muda, tetapi Anda akan merasa lebih muda. Mengkonsumsi setidaknya 1 porsi ikan seminggu dan mengkonsumsi antioksidan lewat asupan atau suplemen bisa menurunkan usia biologis Anda. Faktanya, antioksidan saja sudah bisa membantu membuat Anda terlihat 6 tahun lebih muda..


Sumber : forum.detik.com/makanan-makanan-ini-bikin-kulit-lebih-bersinar-t223830

0 comments:

Post a Comment