Dapatkan Semua Manfaat Vitamin A Sekarang Juga!



Bukan cuma sebatas bagus untuk kesehatan mata, Vitamin A sungguh memiliki kegunaan yang membuat anda tak ragu untuk memastikan tubuh mendapat asupan cukup setiap hari. Vitamin A merupakan nutrisi penting terutama dalam proses terapi dan perawatan pencegahan serta sangat krusial dalam pengobatan sindrom kekurangan gizi. Vitamin yang juga disebut retinol diyakini memberi efek positif dan meningkatkan pertumbuhan serta imunitas atau kekebalan.

Jenis vitamin ini juga menjaga sel-sel mukus atau lendir dan kulit tetap sehat. Ketika membran lendir tetap lembab dan tahan terhadap kerusakan sel, maka kekebalan terjaga. Sebaliknya kekurangan kelembaban pada selaput lendir akan memudahkan terjadi infeksi dalam tubuh.

Sel selaput lendir sangat penting dalam pencegahan kanker. Vitamin A bersifat anti kanker karena menekan pertumbuhan DNA sel-sel kanker. Keberadaan vitamin juga menurunkan risiko pertumbuhan tumor di kanker yang matang dan mencegak sel-sel lukemia membelah diri.

Bukan hanya itu, Vitamin A khususnya sangat membantu dalam penyembuhan penyakit yang disebabkan virus. Virus yang menyeran sistem pernafasan, campak, bahkan virus AIDS, menjadi lembam ketika di lingkungan sekitar terdapat jumlah vitamin A yang cukup.



Pasien dengan penyakit bersumber virus kerap memiliki kadar Vitamin A rendah di dalam darah. Asupan dalam jumlah tepat sangat diperlukan pasien untuk membangun pertahanan tubuh, yang akhirnya mengarah pada proses penyembuhan cepat. Namun, dosis besar vitamin A harus dilakukan dibawah pengawasan dokter.

Kabar baik lain, vitamin ini juga berperan penting mencegah stroke. Sangat disarankan untuk menambah asupan vitamin A lewat buah-buahan dan sayuran setiap hari.

Bagi pasien pemilik sindrom mata kering, terapi paling mudah juga tak jauh dari vitamin A. Mata kering terjadi ketika pembentukan air mata dan lubrikasi berhenti. Kondisi ini membuat seseorang menjadi luar biasa tidak nyaman.

Tetesan vitamin A sangat direkomendasikan untuk kasus ini, karena uji klinis membuktikan tetes mata mengandung vitamin A meningkatkan kelembaban dan fungsi sel dalam mata. Masih terkait mata, vitamin ini juga mampu meningkatkan pengelihatan malam dan membantu mata menyesuaikan diri dengan perubahan pencahayaan.

Tak berhenti sampai di sana, Vitamin A juga diyakini sebagai jalan keluar cukup menjanjikan untuk pencegahan dan pengobatan kanker kulit, terutama bila dikonsumsi oral. Vitamin a juga sangat membantu dalam perawatan pigmentasi kulit yang sering terlihat pada kulit yang menua.

Para pakar gizi merekomendasikan bahwa cara terbaik untuk mendapat asupan Vitamin A ialah melalu diet tepat dan seimbang. Secara keseluruhan vitamin A penting dalam peningkatan kesehatan tubuh mengingat ia mampu mendongkrak daya sel-sel darah putih, kekuatan reproduksi dan sistem kerangka tubuh. Beberapa makanan alami kaya vitamin A yang bisa dikonsumi yakni brokoli, wortel, aprikot, hati sapi, susu, kuning telur dan minyak ikan kod.



Sumber : http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips-sehat/10/12/10/151462-dapatkan-semua-manfaat-vitamin-a-sekarang-juga

0 comments:

Post a Comment