Ogah Bau Usai Santap Bawang Putih? Minumlah Susu

Anda suka menyantap makanan berbumbu bawah putih tapi khawatir dengan bau mulut dan bau badan? Ada kabar baik. Penelitian menunjukkan bahwa meminum segelas susu dapat menghentikan sisa-sisa bau bawang putih yang tercium dari aroma tubuh kita.

Penelitian ini pun dites secara mendalam. Hasilnya, dalam tes, yakni cengkeh mentah yang dimasak bersama susu "secara signifikan dapat mengurangi" tingkat senyawa belerang yang memberi rasa dan aroma tajam pada bawang putih.

Para peneliti, dalam laporannya mengatakan kepada Jurnal Ilmu Pangan bahwa susu memang dapat menghilangkan aroma maupun rasa bawang putih pada makanan karena air dan lemak dalam susu telah terolah baik. Hasil tes ini juga didukung oleh beberapa penulis ahli kesehatan dan ilmu pangan.

Untuk hasil yang optimal, tetaplah meminum susu ketika Anda makan makanan yang beraroma bawang putih. Pencampuran susu dengan bawang putih di mulut sebelum menelan memiliki efek menetralkan bau yang lebih tinggi daripada minum susu setelah makan bawang putih tersebut.

Tak hanya itu, susu kaya lemak memberikan hasil lebih baik dari susu skim atau hanya air. Hasil ini telah diteliti melalui napas sampel yang diambil dari seorang sukarelawan. Ketika sukarelawan itu hanya minum air putih atau susu rendah lemak, maka mulut relawan tersebut menyisakan bau aroma bawang putih yang kurang sedap.

Lalu mengapa susu mampu meghilangkan aroma tersebut? Jawabannya adalah senyawa yang terdapat dalam susu yakni ‘allyl sulfida metil’ atau AMS. Namun, untuk menghilangkan aroma tersebut, beberapa proses harus dilewati susu baik dalam usus selama pencernaan, hingga efek dilepaskan dari tubuh, lewat nafas dan keringat yang menguarkan bau.

Kendati bawang putih adalah pangan yang baik dikonsumsi untuk kita karena mengandung beberapa vitamin dan mineral. Namun, sekali Anda makan, efeknya menyebabkan bau mulut dan bau badan yang bertahan berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Selain susu, para penulis dalam penelitian Sheryl Barringer dan Areerat Hansanugrum berpendapat bahwa jamur dan kemangi, juga dapat membantu menetralisir bau bawang putih. Namun, berbeda dengan jamur dan kemangin, tim peneliti dari Ohio State University mengatakan susu adalah campuran lemak dan air yang bekerja sama melakukan proses pencernaan dengan lebih baik.


0 comments:

Post a Comment