Mengubah Lampu Senter Lama Menjadi LED


Ini bener gampang tapi memukau hasilnya.

Sekarang sedang jamannya orang pada pake lampu LED untuk gantiin lampu bohlam. Lampu sein mobil sekarang udah pada pake LED. Dulunya sih LED dipake buat indikator alat2 elektronik aja, termasuk pemancar infra red. Sekarang LED warna putih bening udah banyak dipake buat gantiin bohlam tadi. Kok dulu ga mikir kesono yaaa...heyan Bintang.

Jadi infonya sih LED ini bisa kerja di tegangan 3 sampe 4.5 volt lah, ga perlu nambah resistor atau titik bengik lain. Dengan 2 batere biasa, 1 keping LED bisa nyala selama 150 jam katanya sih. Gimana kalo pake alkalin yaaa. oya, kalo pake batere biasa, sebelum 150 jam biasanya udah bocor tuh baterenya...sangat beracun ceunah. Jadi kita main di batere alkalin aja ah.

Tambahan info, kalo lampu senter kita tetep pake bohlam baik yang 1, 2, 3 dst paling batere cuma tahan beberapa puluh jam & terangnya rada kuning. Kenapa cuma sebentar gitu? Karena lampu bohlam mengeluarkan panas (pegang aja pas lagi nyala) yang tengtu banyak menghabiskan tenaga di batere. Kalo LED, enggak pake panas!! Secara dalam bidang lampu senter ini kita enggak perlu panasnya, tapi perlu nyalanya.

Bohlam bisa menyala karena mmg ada sesuatu yang terbakar di dalamnya (filamen kali), kalo LED karena..apa yahhh...lupa awak...pokoknya ttg semikonduktor gitu deh. Oya...LED ini aslinya adalah dioda....penyearah arus. Ga perlu kan aku cariin bacaannya di internet? Kemudian secara ketahanan, lebih tahan LED kemana2.

Sekarang idenya kita akan mengganti bohlam di lampu senter dengan LED. Bisa berbagai cara, tapi cara yang paling praktis tuh kita pecahin lampu bohlam senter, terus kita solder LED di soketnya, sehingga kita enggak perlu membikin tempat batere, tombol, dsb. Artinya, kita ikutin aja si senter ini apa adanya, yang 2 batere atau 3 batere, &, plug & play. praktis kan?

1. Di samping ini adalah LEDnya...harganya murah meriah. Kisaran harganya Rp1500 sampai Rp3000 aja (mahalan ongkos sama parkirnya). Cari yang warna putih bening & kalo nyala warna putih juga, soalnya ada yang kalo nyala warnanya merah...ini yg biasa dipakai di remote TV kita, difungsikan sbg infrared tranduser.



2. terus, copot bohlam senter, pecahkan kacanya pake tang...bersihkan sedikit2. Hati2 ya...jangan kena
mata. Jauhkan dari muka pas mecahinnya siapa tau gas di dalam bohlam kecil itu ada apa2nya. Siapa tau kan?








3. Lurus2kan kawat di soket bohlam itu, terus di kerik2 sedikit supaya hilang email kawatnya & muncul tembaganya, pake cutter. Gunanya supaya kaki2nya bisa disolder. Lapisi dengan timah solder sebelum dipasang. Usahakan LED dipasang seperti posisi filamen bohlam dengan tujuan agar cocok dengan konstruksi reflektor di senter...jadi terangnya maksimal. Oiya...jangan sampe kebalik, LED ini ada kutubnya. Yang positip kakinya pendek, terus elemen di dalamnya kecil. Tapi jangan kuatir, kalo kebalik LED enggak akan putus. Kita tes aja, kalo enggak nyala berarti kebalik...ya tinggal dibalik aja kaki2nya. Kaki2 ini harus dipotong supaya bisa disolder dengan pas di dalam soket bohlam.





4. Terus kita tes pakai batere.
Baterei disusun 2 buah secara serial sudah cukup. Ini utk memastikan pemasangan & penolderan LED di soket bohlam tadi sudah benar. Dengan 2 batere ini udah terang loh...mata kita udah silau.








5. Pasang & nyalakan di reflektornya. Ini untuk
memastikan posisi LED udah pas, supaya pantulan reflektor optimum .













6. Sekarang masukan dalam cas
ing completnya, masukkan batere senternya. Tadaaaa...senter LED keren!

2 comments:

  1. Inovatif dan kreatif, info yang sangat berguna. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Keren brooo... Trmksh sdh repot² memposting tutorialnya, pastinya ente meluangkan waktu yg lumayan buat postingan bermanfaat ini. Sukses terus buat bro..

    ReplyDelete