Manfaat Lari Pagi

manfaat dari Lari Pagi atau Jogging



Melakukan jogging secara teratur memberikan manfaat bagus buat kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Jogging juga memberikan kesenangan secara fisik dan mental.

Keuntungan Jogging

Jogging memberikan keuntungan tetap bagi keseluruhan kesehatan setelah dilakukan. Efek-efek dari jogging adalah:

1. membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan;

2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan;

3. Menetralkan depresi;

4. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif;

5. Jogging membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan;

6. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogging membantu Anda memperbaikinya;

7. Jogging mengencangkan otot kaki, paha dan punggung;

8. Membuat tidur lebih nyenyak.



Kesenangan Yang Didapat Dari Jogging

Jogging juga dapat memberi Anda kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogging dilakukan dengan benar, Anda tak akan merasakan kelelahan saat Anda telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Anda juga mendapat manfaat dengan merasakan nyaman di otot selama jogging dan setelahnya.

Anda akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda, juga dapat mendengarkan suara burung berkicau, suara air yang mengalir, atau suara ombak di laut (jika Anda melakukannya di tepi laut). Selama jogging Anda juga dapat merasakan perasaan senang



Pakaian Dan Sepatu

Pakaian yang Anda kenakan harus sesuai dengan udara saat itu. Saat udara hangat, celana pendek dan t-shirt cukup nyaman untuk dikenakan. Namun, jika Anda melakukan rute yang jauh tak ada salahnya membawa pakaian ekstra di tas kecil, untuk berjaga-jaga jika udara jadi buruk. Pilih pakaian yang dapat memberikan ventilasi bagus, hindari yang penuh jahitan, bertepi tajam atau yang membungkus dengan ketat.

Sedang untuk sepatu, kenakan yang lembut dan nyaman, tapi dengan bentuk yang pas dan cocok di kaki. Pilih yang alasnya dapat ditekuk dengan lentur dalam pergerakan kaki Anda tapi cukup mendukung saat terhentak dengan tanah, sehingga tidak membuat Anda terpeleset.



Rute Dan Sesi Jogging

Jogging dapat ditempuh dalam berbagai cara : Jarak yang panjang antara 2-20 km dalam kecepatan biasa; Jarak 3-6 km dalam kecepatan tinggi; Jogging dengan kecepatan sedang ditempuh dalam 4-8 kg.


Bagaimana Melakukan Sesi Jogging

Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda. Kalau Anda sudah melakukan setengah rute, Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan Anda. Jika rute cukup panjang, Anda bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan lari Anda.

Peregangan Tubuh Dan Setelah Beberapa Sesi

Sangat disarankan untuk melakukan peregangan sebelum melakukan sesi jogging, dan bukan hanya pada otot kaki Anda, tapi juga keseluruhan tubuh, lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya.

Kapan Dan Seberapa Sering

Jika jogging hanya satu-satunya aktivitas olahraga yang dilakukan, melakukannya tiap dua hari sekali adalah ukuran idelnya. Itu sudah cukup untuk memberikan seluruh keuntungan bagi kesehatan dan meningkatkan kondisi, dan daya tahan tubuh Anda. Tapi jika Anda mengkombinasikan jogging dengan olah raga lain, lakukan seminggu dua kali cukup baik bagi kesehatan. Mungkin Anda merasa lapar saat akan melakukan jogging, tapi sebaiknya jangan melakukannya setelah makan. Anda bisa melakukannya kapanpun sepanjang hari, tapi lebih baiknya melakukan jogging sebagai kegiatan pertama di pagi hari.

Bagaimana Memulainya

Jika Anda tak biasa melakukan latihan fisik, sebelum memulai jogging, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan, yang tidak disarankan untuk melakukan jogging, atau yang mesti Anda pertimbangkan jika melakukan jogging. Untuk pertama-tama, sebaiknya Anda berlari-lari di tempat selama 10 menit. Lalu Anda dapat menambah waktu, jarak dan kecepatan setelah terbiasa.



Tambahan Info :


CEGAH OBESITAS DENGAN LARI PAGI


Siapa yang bakal menyangka kalau lari pagi bisa mencegah obesitas. Walau untuk manfaatnya seratus persen memang belum terbukti. Setidaknya ini dikemukakan peneliti dari Swiss yang menjelaskan, olahraga ringan setiap hari, seperti jalan kaki selama 15 menit, belum cukup untuk mencegah epidemi kegemukan. Jalan kaki singkat setiap hari belum cukup untuk membakar kalori untuk mengkompensasi kenaikan berat pada mereka yang kelebihan berat badan, seperti yang dijelaskan oleh Alfredo Morabia, M.D., Ph.D., dan Michael Costanza, Ph.D., pada Geneva University Hospitals di Jenewa, Switserland. Beberapa periset, menganjurkan untuk meningkatkan jarak yang ditempuh saat berjalan kaki, kartena ini berarti mengurangi 100 kalori. Olahraga dapat membakar jumlah kalori setiap hari. Jadi bagi Anda yang bisa berjalan kaki lebih jauh, berarti Anda mudah sekali membakar 100 kalori tersebut, jelas Morabia dan Constanza. “Jika tujuan spesifik dari jalan kaki adalah untuk membakar 100 kalori per hari, maka dibutuhkan sekitar 60 menit untuk jalan kaki pelan dan 30 menit untuk jalan kaki sedang atau jalan cepat,” ujar Morabia. Dengan menggunakan data pada aktivitas fisik normal pada orang dewasa di Jenewa yang berusia 35 – 74 tahun, periset mengkalkulasi bahwa terdapat peningkatan jumlah kalori tambahan yang bisa dibakar bila para penduduknya menambah ekstra waktu sekitar 15 – 30 menit jalan kaki diantara kegiatan mereka sehari-hari. Morabia dan Constanza menemukan bahwa walau jika setiap orang dewasa bisa sukses melakukan jalan kaki 15 menit setiap hari, populasi bisa membakar rata-rata sekitar 9 kalori ekstra per hari. Jika semua penduduk dewasa berpartisipasi dalam 30 menit jalan kaki pelan, rata-rata pembakaran kalori tersebut dapat meningkat sekitar 25 kalori per harinya. Hanya dengan jalan kaki cepat selama 30 menit setiap hari, maka orang dewasa bisa meningkatkan pembakaran kalori hingga ke tingkat 100, seperti yang disimpulkan oleh para periset. Meskipun sudah ada perkiraan tersebut, Morabia masih memikirkan bahwa dengan lebih banyak jalan kaki setiap hari semua orang bisa merasakan manfaatnya bagi kesehatan. “Kebiasaan berjalan kaki bila dilakukan secara kontinu setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan. Tentu saja harus diimbangi dengan pengaturan pola makan yang baik”.

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2528438

0 comments:

Post a Comment