Tips Merawat dan Membersihkan Lantai Kayu





Anda memiliki lantai dari bahan material kayu, kesan ruangan menjadi lebih hangat dan elegan. Tapi, untuk urusan perawatan, memilih memakai lantai kayu berarti ekstra perawatan. Karena perlakuan yang kurang tepat dapat merusak lantai yang dapat dibilang “sensitif” ini.

Untuk membersihkan ruangan, langkah pertama yakni meminggirkan furnitur di dalam ruangan. Pindahkan ke bagian tertentu sehingga Anda leluasa melakukan kegiatan bersih-bersih. Tapi, saat Anda memindahkan patut dicatat untuk tidak melakukan pergeseran furnitur, karena sekali geser dengan tekanan tertentu akan mengakibatkan lecet. Untuk menggeser furnitur, gunakan alas lembut seperti lap atau handuk. Letakkan pada bagian bawah furnitur ketika hendak memindahkannya.

Langkah selanjutnya, membersihkan lantai kayu dengan menggunakan sapu berbahan lembut. Atau gunakan penyedot debu untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada lantai kayu. Saat membersihkan gunakan lap kering. Lap basah oleh air akan meresap ke pori-pori lantai kayu dan dapat mengakibatkan kerusakan. Kemudian angkat sisa-sisa kotoran di lantai dengan menggosok secara melingkar agar lantai lebih bersih.

Untuk meringankan perawatan lantai kayu, Anda dapat mempergunakan karpet di atasnya. Karpet dapat melindungi lantai kayu untuk area yang kerap dilalui penghuni rumah. Perawatan dan kebersihan karpet juga tetap diutamakan agar debu tidak turun dan mengotori lantai kayu.

Patut Anda catat, bila memasuki ruang berlantai kayu sebaiknya tidak mengenakan alas kaki berat atau berhak tinggi. Karena sama seperti furnitur yang digeser akan menimbulkan goresan atau lekukan yang sulit hilang pada lantai kayu Anda.


sumber : http://wahw33d.blogspot.com/2011/05/tips-merawat-dan-membersihkan-lantai.html#ixzz1RBnCXWpy

0 comments:

Post a Comment