Mitos dan Fakta Hemat Energi di Komputer

Ada yang mengatakan bahwa membiarkan komputer menyala terus menerus lebih hemat listrik ketimbang mematikan komputer dan menyalakan lagi. Ternyata, menurut APC dari Schneider Electric, itu adalah mitos belaka. APC juga membagikan beberapa mitos lain tentang penggunaan komputer serta fakta sebenarnya. Apa saja itu? Inilah mereka:



Mitos: tidak mematikan komputer akan menghemat energi.
Fakta: Komputer dirancang untuk menghadapi siklus mati-hidup (on-off) 40 ribu kali. Bila dipakai secara normal, maka sebuah komputer bisa bertahan selama lima hingga tujuh tahun. Bila dimatikan pada waktunya, kita justru menghemat energi dan memperpanjang usia komputer.

Mitos: Komputer yang menyala terus menerus lebih hemat energi ketimbang dimatikan
Fakta: Energi yang dibutuhkan untuk melakukan booting jauh lebih sedikit dibandingkan energi yang dibutuhkan komputer untuk menyala lebih dari tiga menit.

Mitos: penghemat layar (screen saver) itu hemat energi.
Fakta pertama: screen saver dirancang untuk membantu memperpanjang usia monitor monokrom. Sedangkan kini kebanyakan monitor menggunakan teknologi obsolete.
Fakta kedua: screen saver dapat menghemat energi hanya jika kita mematikan layar atau pada laptop, mematikan backlight.

Mitos: koneksi jaringan akan terputus pada saat komputer dalam kondisi low-power/sleep mode.
Fakta: Komputer–komputer baru dirancang agar tidak mengalami kehilangan koneksi atau data meskipun dalam keadaan sleep mode. CPU yang dilengkapi dengan teknologi Wake on LAN (WOL) dapat ditinggalkan dalam keadaan sleep mode semalaman dan keesokan harinya pengguna telah menerima data yang dikirim.



Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/tips/2011/04/15/brk,20110415-327662,id.html

0 comments:

Post a Comment